Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghitung Kuota Internet yang Terpakai Menonton YouTube

Cara Menghitung Kuota Internet yang Terpakai Menonton YouTube

Perkembangan teknologi memunculkan smartphone baru dengan berbagai macam fitur yang menarik dan munculnya banyak aplikasi yang bisa diakses di smartphone dapat mempermudah pengguna smartphone dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Aplikasi-aplikasi yang ada dismartphone bisa diakses hanya dengan menggunakan kuota internet. Jadi pengguna smartphone pasti membutuhkan kuota internet untuk mengakses aplikasi yang ada dismartphone mereka.

nonton youtube

Dalam mengakses aplikasi dismartphone setiap aplikasi memiliki besaran kuota tersendiri agar bisa diakses, ada penggunaan aplikasi yang tidak banyak menyedot kuota dan ada aplikasi yang banyak menyedot kuota. Seperti aplikasi YouTube ini salah satu aplikasi yang banyak menyedot kuota. Jika kita sering streaming YouTube, maka bisa dipastikan kita akan sering juga mengisi ulang kuota internet kita.

Selama ini kita tidak pernah memperdulikan kenapa kuota internet kita cepat habis, padahal ada cara menghitung kuota internet yang sudah kita pakai, seperti ketika kita sering menonton YouTube cara menghitungnya.

Langkah pertama yang harus kita ketahui bahwa, setiap video YouTube memiliki kualitas yang berbeda-beda berdasarkan bitrate yang dimiliki video tersebut. Satuan bit per detik inilah namanya bitrate. jika dalam ribuan namanya Kilobit per detik atau Kbps, dan jika jutaan namanya Megabit per detik atau Mbps. Kita harus merubah dulu menjadi satuan byte, jadi 1 byte setara dengan 8 bit, atau sebaliknya 1 bit sama dengan 0,125 byte. Byte dalam ribuan namanya Kilobyte atau KB, jutaan namanya Megabyte atau MB, dan triliunan namanya Gigabyte atau GB.

daftar satuan

Jadi semakin tinggi kualitas video yang ditoton, maka semakin besar bitrate yang digunakan. Artinya semakin besar kuota internet yang kita pakai. Dalam perhitungan kuota internet yang dipakai adalah satuan Megabyte atau MB, jadi 1Mbps sama dengan 1/8 MB, dan 1Mbps setara dengan 1.024 Kbps. Sehingga rumus menghitungnya adalah :

bitrate (dalam Kbps) x durasi menonton video dalam detik : 8 : 1.024.

Contohnya, menonton video dengan kulitas 2160p yang memiliki bitrate 20.000 Kbps selama 10 menit, maka kuota data yang dikonsumsi adalah
20.000 x 60 (detik) x 10 (menit) : 8 : 1024
20.000 x 600 (detik) : 8 : 1024
= 1.465 MB.

Perlu kita ketahui bahwa terdapat perbedaan kuota yang terpakai antara streaming, menonton dan mengunduh video. Ada pilihan sebelum kita mengunduh sebuah video yang diberikan oleh YouTube, yaitu opsi kulitas video dengan besaran data dalam satuan MB, dan juga opsi pilihan menonton offline dan streaming. Supaya kita bisa menghemat kuota kita maka kita bisa menggunakan YouTube dengan versi yang ringan yaitu YouTube Go, aplikasi ini ada fitur penghemat kuota internet.

no kuota

Bagi pecinta YouTube, bisa menggunakan provider seluler yang menyediakan paket kuota internet khusus untuk penggunaan menonton video YouTube yang terpisah dari kuota utama yang kita miliki. Ada juga yang menggunakan jalur VPN untuk menonton YouTube secara gratis, dan kesemuanya itu bisa menghemat kuota internet kita, sehingga kita tidak sering melakukan pengisian paket internet terus.

Demikian cara sederhana menghitung kuota internet yang terpakai karena menonton YouTube, jadi kedepan jika mau melakukan streaming atau mengunduh video di YouTube, kita harus mengambil opsi yang meringankan kuota internet kita, sehingga kita bisa berhemat dan tetap bisa sering nonton video di YouTube.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *