Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Listrik Paling Gampang

Cara Menghemat Listrik Paling Gampang

Pemborosan disebabkan dari pola hidup yang buruk seperti tidak membiasakan sesuatu yang benar dan baik sehingga kebiasaan buruk selalu dilakukan. Seperti halnya dalam pemakaian listrik dalam rumah, tanpa kebiasaan yang benar dan baik maka pemborosan listrik pasti dilakukan setiap hari yang mengakibatkan tagihan atau biaya listrik membengkak. Jadi penghematan listrik harus selalu dilakukan agar biaya listrik dalam setiap bulan bisa ringan.

Berikut cara menghemat listrik paling gampang :

1.Menggunakan Listrik Prabayar

sumber : bakoelppob.com

Penggunaan listrik prabayar akan membantu pelanggan PLN mengontrol pemakaian listrik dalam rumah, karena jika pemakaian terlalu boros maka stroom akan cepat habis dan terjadi pemadaman otomatis. Beda dengan listrik pascabayar, pelanggan cenderung nyaman saja dengan pemborosannya dan akhirnya tagihan diakhir bulan membengkak.

2.Pasang Lampu LED

https://infopromodiskon.com

Lampu penerangan di dalam maupun luar rumah gunakan lampu LED, selain daya terangnya tinggi lampu LED sangat menghemat listrik. Harganya memang sedikit mahal, tetapi hematnya luar biasa.

3.Perbanyak Jendela dan Ventilasi Udara

https://www.dekoruma.com

Jika rumah memiliki banyak jendela dan ventilasi udara, maka dijamin sirkulasi udara didalam rumah menjadi baik dan suhu didalam rumah akan lebih segar dan adem. Sehingga penggunaan pendingin ruangan akan diminimalisir yang berakibat hematnya listrik dan biaya listrik menjadi ringan.

4.Menanam Pohon di Sekitar Rumah

http://majalahasri.com

Selain rumah dengan jendela dan ventilasi yang banyak, menanam pohon disekitar rumah juga bisa membantu menghemat listrik. Udara sejuk dan segar akan dirasakan didalam rumah ketika siang hari. Sehingga pemakaian pendingin ruangan jarang sekali karena udara didalam rumah sudah adem dan segar.

5.Beli Alat Elektronik yang Penting Saja

https://www.joshuanoerr.com

Semakin banyak memiliki alat elektronik, maka semakin banyak pemakaian listrik didalam rumah karena sumber tenaga alat elekronik tersebut adalah listrik.

6.Gunakan Alat Elektronik Seperlunya Saja

https://www.caritau.net

Mulai dari lampu, mesin cuci, televisi, magic jar, kulkas hingga setrika listrik sebaiknya digunakan seperlunya saja. Jika sudah selesai digunakan dimatikan dan sebaiknya mencabut kabel dari sumber listrik supaya tidak ada konsumsi listrik sekecil apapun.

7.Pasang Tandon Air

https://www.tokopedia.com

Air adalah kebutuhan vital dimanapun, terutama didalam rumah. Selain sebagai air minum, air memiliki banyak manfaat untuk mencuci, mandi, bersuci, dan lain-lainnya. Jadi jika ada tandon air, maka pompa listrik tidak berulangkali nyala yang menyebabkan boros listrik. Selain itu adanya tandon air akan bermanfaat jika terjadi listrik padam ketika itu membutuhkan air dan air tetap tersedia didalam rumah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *