Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Listrik Paling Baru di 2019

Cara Menghemat Listrik Paling Baru di 2019

Biaya listrik yang mahal menjadi sebuah permasalahan baru bagi pelanggan PLN kelas bawah. Subsidi yang telah dihapus pelanggan harus membayar biaya listrik 2 x lipat dari biasanya sebelum subsidi dihapus. Agar tetap bisa menikmati listrik dan biaya yang dikeluarkan tiap bulannya tidak terlalu mahal, hanya dengan melakukan satu cara yaitu Penghematan.

Berikut cara menghemat listrik paling baru di 2019 :

1.Gunakan listrik prabayar

listrik prabayar

Penghitungan listrik prabayar sangat akurat, karena sistem otomatisasi sudah ada pada meteran listrik digital tersebut. Sehingga sebagai pelanggan lebih mudah memperkirakan besaran listrik yang digunakan dalam tiap bulannya. Jika biaya listrik masih terlalu besar maka harus lebih menghemat lagi penggunaan listrik dibulan berikutnya.

2.Ganti semua alat elektronik yang hemat listrik

alat hemat listrik

Mulai dari lampu, semua diganti lampu LED yang lebih hemat listrik dan memiliki daya terang yang tinggi. Kemudian televisipun juga diganti dengan TV LED, kalaupun tidak ada TV juga lebih baik. selain menghemat listrik juga terhindar dari pengaruh negatif tontonan acara televisi.

3.Menambah ventilasi atau jendela rumah

jendela rumah

Selain sirkulasi udara lebih mudah berganti, menambah jumlah jendela juga sangat berpengaruh dengan pencahayaan didalam rumah, sehingga didalam rumah lebih terang, dan pemakaian lampu bisa dikurangi.

4.Gunakan tandon air yang besar

tandon air besar sekali

Air adalah kebutuhan vital didalam rumah, mulai untuk minum, mencuci, mandi, bersuci dari buang air, memasak dan menyiram tanaman, dan berbagai manfaat lainnya. Jika mengandalkan otomatis dari pompa air maka listrik akan boros, beda jika menggunakan tandon air yang besar, pompa air akan menyala jika batas minimal dalam tandon air sudah terlampaui dan akan mati otomatis jika tandon air sudah penuh. Jadi tidak berkali-kali pompa air menyala sehingga bisa menghemat listrik.

5.Menanam pohon disekitar rumah

pohon disekitar rumah

Pohon disekitar rumah membuat suasana dan udara didalam rumah menjadi sejuk. Jika dimusim panas kondisi didalam rumah masih segar karena banyaknya pohon disekitar rumah sehingga tidak perlu menyalakan pendingin ruangan apalagi membeli pendingin ruangan. Udara alami justru lebih baik bagi kesehatan tubuh. Jika rumah berada di perkotaan cukup memanfaatkan lahan yang tersedia dengan menanam pohon kecil mulai dari bunga dan dan pohon buah yang bisa ditanam dalam pot atau polibag.

6.Setrika baju yang penting saja

setrika baju seragam

Baju penting itu mulai dari seragam kerja, seragam sekolah, baju untuk ibadah. Selain itu kondisional saja, jika diperlukan mau dipakai diacara penting baru disetrika. Setrika yang digunakan pun harus setrika otomatis, jika panas sudah maksimal maka setrika akan mati otomatis dan di pakaian lebih aman tidak sampai terbakar jika lupa mengangkat setrika.

7.Matikan lampu jika ruangan tidak digunakan

matikan lampu ruangan tidak terpakai

 

Meskipun malam hari, lampu ruangan yang tidak terpakai sebaiknya dimatikan saja. Kemudian nyalakan lampu ketika hari sudah gelap ketika memasuki magrib dan lampu dimatikan ketika menjelang tidur mulai jam 9 malam, kecuali lampu diluar rumah yang sebagai penerangan dijalan tetap menyala hingga pagi hari.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *