Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Listrik Mudah di Lakukan

Cara Menghemat Listrik Mudah di Lakukan

Biaya listrik semakin mahal, membuat pelanggan harus menghemat listrik dengan melakukan berbagai macam cara agar biaya yang dikeluarkan untuk listrik tidak membengkak. Jadi satu-satunya cara untuk menghemat listrik adalah mengurangi pemakain listrik, atau menggunakan listrik alternatif. Langsung saja bagaimana cara-caranya menghemat listrik yang mudah dilakukan, simak berikut ini.

1.Gunakan listrik prabayar

listrik prabayar

Yang masih menggunakan listrik pascabayar sebaiknya segera beralih ke listrik prabayar. Keunggulan listrik prabayar, pelanggan mampu memprediksi pemakaian listrik dalam satu bulan sehingga jika melebihi yang ditargetkan, pelanggan bisa melakukan penghematan dengan mengurangi pemakain listrik didalam rumah.

2.Jangan banyak membeli barang elektronik

barang elektronik

Barang elektronik ini menjadi salah satu penyebab pemakaian listrik menjadi boros. Jadi membeli barang elektronik yang sangat diperlukan saja seperti mesin cuci, magic com, setrika listrik,dan peralatan elektronik untuk membantu pekerjaan lainnya. Jangan membeli barang eletronik yang sifatnya untuk hiburan seperti televisi, karena banyak pengaruh negatifnya daripada pengaruh positifnya.

3.Ganti semua lampu dengan lampu LED

lampu led baru

Lampu LED mampu mengurangi pemakaian listrik, karena memiliki watt kecil dengan daya terang yang tinggi. Selain itu lampu LED lebih tahan lama dari pada lampu biasa. Sehingga keuntungan dobel didapatkan yaitu hemat listrik dan tidak sering beli lampu.

4.Matikan lampu sebelum tidur

matikan lampu

Mematikan lampu pada ruangan yang tidak terpakai, dan mematikan lampu sebelum tidur sangat menghemat listrik dalam rumah. Lampu mulai menyala menjelang waktu maghrib kemudian jam 9 malam sebelum tidur lampu dimatikan semua kecuali lampu luar sebagai penerangan jalan. Selain hemat listrik, lampu juga awet.

5.Setrika baju yang penting saja

setrika baju seragam

Pakai setrika otomatis sehingga jika panas yang diinginkan sudah maksimal maka setrika akan mati otomatis dan menyala kembali ketika panas yang diinginkan kurang. Kemudian menyetrika baju yang penting saja seperti baju seragam, baju untuk ibadah dan baju untuk acara-acara penting diluar rumah.

6.Cabut kabel yang tidak digunakan

cabut kabel

Mencabut kabel tidak digunakan dari sumber listrik sangat membantu menghemat listrik. Misalkan, jika kabel televisi tetap menancap pada sumber listrik meskipun tv kondisi mati maka listrik tetap terkonsumsi meskipun sedikit. Jika dilakukan terus menerus, maka konsumsi listrik menjadi besar dan itulah yang menyebabkan boros.

7.Pasang tandon air

tandon air besar

Air adalah kebutuhan vital dalam rumah. Karena air sebagai air minum, juga untuk mandi, mencuci, menyiram tanaman dan membersihkan benda lainnya dari kotoran. Jika penggunaan air besar dan tidak ada tandon air, maka pompa air akan sering menyala dan inilah yang membuat boros listrik. Jadi dengan tandon air, maka pompa air akan beberapa kali saja menyala untuk mengisi air diadalam tandon, dan jika sudah penuh maka pompa air akan mati secara otomatis.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *