Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Listrik di Zaman Now

Cara Menghemat Listrik di Zaman Now

Zaman dengan segala kemudahan membuat semua pekerjaan dilakukan oleh mesin, mulai dari hal-hal yang kecil sampai ke hal-hal yang besar. Zaman ini ibarat sebuah kereta api, kita sebagai penumpang jika tidak ikut dalam gerbong maka akan tertinggal jauh. Namun perkembangan zaman tersebut ada manfaat dan kelemahannya. Manfaatnya jelas tadi, semua pekerjaan menjadi ringan dan mudah. Tetapi kelemahannya adalah sumber daya manusia banyak yang nganggur karena semua pekerjaan sudah banyak dilakukan mesin.

hemat listrik dirumah

Ada lagi kelemahan yang lain yaitu meningkatnya biaya listrik dalam satu bulan, karena semakain banyak alat listrik atau elektronik yang membantu pekerjaan dirumah sedang alat tersebut bisa berjalan jika ada energi listrik. Semakin banyak alat elektronik yang ada dirumah maka biaya listrik yang harus dikeluarkan tiap bulan juga akan besar. Agar biaya bisa ringan maka kita harus berhemat dengan cara mengatur atau membatasi pemakaian listrik dirumah.

Berikut cara menghemat listrik dizaman now :

1.Efisien penggunaan kulkas

efesien penggunaan kulkas

Hampir tiap rumah sekarang memiliki lemari pendingin makanan, jika kita memiliki kulkas dalam penggunaannya harus efektif dan efisien. Maksudnya jangan sampai kulkas cuman terisi sedikit sedangkan listrik yang dikonsumsi sama besarnya jika kulkas terisi sedikit atau penuh.

2.Menggunakan air panas saat memasak nasi

menggunakan air panas dalam memasak nasi

Alat menanak nasi menjadi pilihan banyka orang dalam hal menanak nasi, karena lebih sederhana dan tidak ribet. Kemudian jika kita menanak nasi menggunakan air dingin maka proses matang akan lama, selain itu listrik yang kita gunakan juga semakin besar karena mesin harus memanaskan air dulu. Beda jika kita menggunakan air panas, proses masak akan semakin cepat karena mesin tinggal proses mematangkan nasi. Hal ini juga akan menghemat listrik.

3.Gunakan lampu hemat energi

lampu hemat energi

Lampu ini sangat penting sekali penggunaannya, karena setiap hari lampu akan dinyalakan dalam waktu yang agak lama dimalam hari. Jika kita menggunakan lampu biasa maka listrik yang kita gunakan juga semakin besar. Maka kita sebaiknya menggunakan lampu yang hemat energi seperti lampu LED, meskipun agak mahal tetapi kita bisa berhemat diatas 50 % .

4.Pengaturan fentilasi yang bagus dalam rumah

fentilasi bagus didalam rumah

Fentilasi yang bagus sangat mempengaruhi suhu didalam rumah. Jika fentilasi buruk didalam rumah akan terasa sangat panas sehingga kita memerlukan alat untuk mendinginkan suhu didalam rumah seperti AC dan kipas angin. Tetapi jika fentilasi baik maka suhu didalam rumah akan sejuk dan segar, sehingga tidak memerlukan alat pendingin ruangan.

5.Cabut kabel dari stop kontak

cabut kabel

Alat elektronik jika tidak digunakan sebaiknya dicabut kabelnya dari stop kontak, karena jika masih menancap maka alat tersebut masih mengkonsumsi listrik. Jika alat yang kabelnya tidak dicabut dari sop kontak banyak maka dalam satu bulan listrik yang dikonsumsi juga besar sehingga biaya listrik menjadi membengkak.

6.Gunakan alternatif sumber energi listrik

tenaga surya

JIka menggantungkan listrik dari PLN maka kita sulit untuk menghemat karena tarif listrik semakin meningkat. Jadi kita harus memiliki sumber energi listrik alternatif, seperti tenaga surya. Kita bisa memasang panel surya diatas atap rumah kita sebagai penggunakan beberapa alat listrik dirumah, kemudian listrik yang dari PLN juga digunakan untuk menyalakan sebagian alat listrik yang ada.

Dari 6 cara diatas kita bisa melakukan penghematan listrik dalam tiap bulannya. Masih ada banyak cara yang tidak kami sebutkan diatas , namun 6 cara diatas sudah mewakili cara-cara dalam berhemat listrik didalam rumah pada zaman now.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *