Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Cara Menghemat Listrik 2021

Cara Menghemat Listrik 2021

Cara Menghemat Listrik 2021 tidak berbeda dengan cara menghemat listrik di tahun- tahun sebelumnya. Namun, di tahun 2021 ini terjadi perubahan tarif dasar listrik dari PLN menjadi sedikit mahal dari sebelumnya. Alasan bahan baku yang semakin mahal membuat tarif dasar listrik selalu tidak bersahabat dengan kondisi masyarakat. Bagi pelanggan listrik PLN kelas menengah bawah ini sangat terasa jika pengeluaran listrik dalam setiap bulannya selalu bertambah.

Harus bagaimana lagi, sudah menjadi keputusan pemerintah untuk menaikan tarif dasar listrik. Bagi pelanggan PLN kelas menegah ke bawah yang bisa dilakukan satu-satunya adalah berhemat. Trus, bagaimana caranya ? Cara selengkapnya untuk menghemat listrik 2021 ada di bawah ini.

Pakai Listrik Pintar

sumber : https://jawaracorpo.com/

Listrik pintar merupakan sistem baru dari PLN agar pelanggan listrik bisa menghemat listrik dirumahnya sebagaimana namanya listrik pintar. Sistem ini berupa pembelian listrik di depan seperti pembelian pulsa hp prabyar, makanya sistem ini juga disebut listrik prabayar. Tidak perlu kuatir dengan pulsa listrik yang kamu beli, karena dalam sisitem ini memilki meteran dengan sistem digital. Sehingga listrik habis sesuai dengan pemakaian listrik di rumah.

Untuk pembelian token listrikpun juga mudah bisa di beli di konter pulsa dekat rumah, atau bisa melakukan pembelian token listrik via aplikasi di smartphone seperti OVO, Gopay, dll. Bagi kamu yang belum beralih ke listrik prabyar, segera beralih supaya penghematan listrik bisa kamu lakukan.

Gunakan Lampu LED

Harga lampu LED memang sedikit mahal. Namun, lampu LED memiliki banyak kelebihan daripada lampu jenis lainnya, seperti lampu pijar atau neon. Pada lampu LED sangat menghemat listrik karena untuk mendapatkan cahaya yang terang, cukup menggunakan watt rendah saja. Penghitungan Kwh berdasarkan durasi pemakaian dengan jumlah watt yang digunakan. Bagi kamu yang belum mengganti lampu rumah kamu dengan lampu LED, mari ganti semua lampu dirumah dengan lampu LED.

Beli AC Hemat Listrik

Pendingin ruangan AC sudah bukan barang yang sangat mahal lagi saat ini. Seperti kamu yang tinggal di kota besar biasanya membutuhkan AC, supaya aktivitas pekerjaan di rumah nyaman. Namun, jangan membeli sembarangan AC, pilih AC yang bisa hemat listrik. Keluaran AC terbaru biasanya memiliki mode hemat listrik. Selain itu pastikan luas ruangan disesuikan dengan kapasitas AC agar tidak boros.

Bikin Ventilasi Udara Yang Banyak

Di daerah tropis seperti di Indonesia, pendingin ruangan sangat dibutuhkan. Memiliki AC tidak berarti desain ventilasi rumah tidak penting. Justru, mendesain rumah dengan ventilasi udara yang banyak sangat penting. Agar sirkulasi udara bisa mengalir dengan baik, sehingga di dalam rumah berasa sejuk. AC bisa dinyalakan di saat -saat tertentu saja, selebihnya memanfaatkan ventilasi udara yang banayak untuk mendapatkan suasana adem di dalam rumah.

Cabut Steker Peralatan Listrik Yang Tidak Digunakan

sumber : https://www.grid.id/

Hemat listrik itu dimulai dari hal yang kecil. Misalnya dengan mencabut steker peralatan listrik / elektronik yang tidak digunakan. Karena jika steker masih tertancap di sumber listrik, maka alat elektronik tersebut dalam kondisi stanby dan kondisi stanby ini memakan listrik juga meskipun sedikit. JIka peralatan elektronik yang kondisinya stanby banyak tinggal mengalikan saja dengan jumlah hari selama satu bulan. Selain menghemat listrik, mencabut steker kabel peralatan elektronik yang tidak terpakai juga menghindari dari terjadinya konsleting.

Matikan Semua Lampu Menjelang Tidur

Ketika malam hari menjelang tidur sebaiknya mematikan semua lampu di dalam rumah agar listrik bisa di hemat, kecuali lampu di depan rumah sebagai penerangan jalan. Selain memetikan lampu, matikan juga peralatan elektronik yang masih menyala seperti televisi, pompa air, dll. Dengan mematikan lampu saat tidur juga bisa menjaga kesehatan tubuh dari radiasi yang dihasilkan oleh pancaran cahaya lampu.

Jemur Pakaian Dibawah Terik Matahari Langsung

sumber : https://www.dekoruma.com/

Jika di musim kemarau sebaiknya setelah mencuci pakaian, cukup dijemur di bawah terik matahari langsung. Hindari menggunakan mesin pengering supaya menghemat listri. Selain itu pekerjaan mencuci juga cepat selesai. Jika di musim kemarau, menjemur pakaian kira-kira durasi 2 jam pakaian sudah kering.

Membeli TV LED

Televisi sebagai hiburan di rumah, sebaiknya membeli TV LED karena sangat hemat listrik. Jika masih menggunakan TV tabung sebaiknya dijual atau dihibahkan. Ganti dengan TV LED, selain gambar bagus, juga menghemat listrik.

Gunakan Laptop

Laptop ketika beroprasi sangat menghemat listrik dibandingkan dengan PC. Selain menghemat listrik penggunaan laptop juga bisa mobile sehingga sangat memudahkan dalam pekerjaan.

Pakai Air Panas saat Masak Nasi di Rice Cooker

Pada umumnya orang memasak nasi menggunakan rice cooker dengan menggunakan air dingin. Padahal ini merupakan tindakan boros listrik, karena rice cooker membutuhkan waktu yang lebih lamam untuk memasak nasi sehingga listrik yang terpakai juga banyak. Sebaiknya, jika memasak nasi dengan rice cooker menggunakan air panas. Dengan air panas nasi akan cepat matang sehingga menghemat listrik.

Beli Alat Elektronik Sesuai Kebutuhan

Di zaman modern ini antara kebutuhan dan keinginan sangat sulit dibedakan. Apalagi bagi orang yang memiliki uang banyak. Untuk hemat listrik tidak harus orang yang miskin, tetapi orang-orang kayapun juga diharuskan berhemat. Supaya kebutuhan listrik secara nasional bisa dihemat dan listrik bisa terus stabil sebagai kebutuhan penting masyarakat. Jadi, sebelum membeli barang elektronik, pikir dulu apakah ini sangat diperlukan atau tidak, jika tidak jangan dibeli.

Biasakan Untuk Suka Menanam

Tanaman yang rindang disekitar rumah ternyata juga bisa menghemat listrik. Di siang hari dengan cuaca yang panas akan bisa diredam dengan hijaunya tumbuhan dan semilirnya angin yang masuk kedalam rumah. Sehingga penggunaan pendingin ruanagan seperti AC atau kipas angin bisa dikurangi. Hal inilah yang bisa menghemat listrik.

Pakai Sumber Listrik Alternatif

sumber : https://artikel.rumah123.com/

Sumber listrik alternatif seperti panel surya bisa digunakan di rumah. Misalakan listrik dari PLN digunakan hanya untuk peralatan elektronik saja. Sedangkan, listrik dari panel surya hanya di manfaatkan untuk menyalakan semua lampu di dalam rumah.

Pasang Penghemat Listrik

Alat penghemat listrik bisa dipasang di dalam rumah. Alat penghemat listrik banyak dijual di toko-toko listrik dan elektronik. Bahkan kamu juga bisa membelinya via online. Setelah memasang alat penghemat listrik, maka bisa dipastikan tagihan atau biaya listrik kamu dalam sebulan akan berkurang.

Jadi, di musim sulit ini karena wabah virus corona 19 belum berakhir, banyak akses disemua bidang jadi dibatasi sehingga mengakibatkan keterpurukan salah satunya dalam bidang ekonomi. Sehingga banyak orang harus berhemat semuanya, tidak hanya hemat listrik tetapi hemat-hemat lainnya dari kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Namun, dengan bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas maka penghematan listrik bisa dilakukan. Dengan berhemat listrik merupakan salah satu cara menghemat pengeluaran kamu dalam setiap bualannya di musim pandemi covid 19. Wa allahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.