Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat Listrik

Menghemat listrik berfungsi ganda sekaligus untuk membantu menghentikan pemanasan global dan menghemat banyak uang. Peralatan listrik sekeliling rumah dan kantor bisa lebih di hemat dengan mengubah kebiasaan sehari-hari dan mengurangi jumlah listrik yang gunakan.

Berikut ini beberapa cara menghemat listrik :

Memanfaatkan cahaya alami

Buka gorden Anda dan biarkan sinar matahari masuk di pagi dan di siang hari. Matikan lampu jika pencahayaan cukup menerangi ruangan. Saat Anda membutuhkan pencahayaan tambahan, gunakan lampu meja bertenaga rendah sebagai gantinya. Agar ruangan tampak lebih terang, beli gorden atau tirai dengan warna terang

Mengganti bola lampu pijar biasa dengan LED

Lampu LED adalah penghemat energi yang besar. Lampu pijar melepaskan 98% energi yang dikonsumsi melalui panas, sementara lampu LED jauh lebih hemat energi dan bertahan beberapa kali lebih lama. Lampu LED lebih mahal daripada lampu pijar, tetapi mereka bertahan lebih lama dan tidak mengandung merkuri serta sangat menghemat energi.

Mematikan lampu pada ruangan yang tidak digunakan

Ini adalah cara paling sederhana dan paling umum untuk menghemat listrik, dan ini benar-benar berfungsi. Mulailah memperhatikan berapa banyak lampu yang menyala di rumah Anda pada waktu tertentu. Perhatikan berapa banyak lampu yang benar-benar Anda butuhkan untuk digunakan sekaligus. Saat Anda meninggalkan ruangan, biasakan mematikan lampu, setiap saat.

Cabut semua peralatan yang tidak digunakan

Tahukah Anda bahwa peralatan yang dicolokkan tetap menggunakan energi, bahkan saat dimatikan. Jadi jangan sampai peralatan masih dalam kondisi stanby, harus dipastikan mencabut kabel dari colokan sumber listrik supaya penghematan bisa dilakukan.

Ganti peralatan lama dengan model hemat energi

Model-model baru dirancang untuk menghemat energi, mengurangi biaya rumah tangga Anda dan menurunkan jejak karbon Anda. Jika Anda memiliki lemari es yang lebih tua, kompor dan oven listrik, mesin cuci piring, mesin cuci dan pengering, atau alat besar lainnya, coba ganti dengan yang baru yang lebih hemat listrik.

Kurangi ketergantungan pada peralatan

Di masa lalu orang tidak membutuhkan peralatan besar untuk menjalankan tugas rumah tangga mereka. Seperti menggunakan tali jemuran di halaman belakang dan biarkan pakaian mengering alami oleh sinar matahari, dan masih banyak cara manual yang bisa dikerjakan tanpa ketergantungan dengan peralatan elektrik.

Gunakan energi terbarukan

Gunakan energi terbarukan, seperti angin atau energi matahari. Banyak perusahaan yang menyediakan layanan ini.Peralihan ini mungkin mahal pada awalnya karena harus membeli alat, tetapi Anda akan menghemat uang seiring waktu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *