Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Kuota Internet

Cara Menghemat Kuota Internet

Memiliki smartphone yang terbaru menjadikan kebutuhan kuota internet semakin meningkat, karena fitur dan aplikasi-aplikasi didalam smartphone tersebut hanya bisa diakses dengan adanya kuota internet. Ada tujuan-tujuan berbeda setiap pengguna smartphone, diantaranya untuk mempromosikan barang dagangannya, mencari bahan-bahan tugas sekolah, chating dimedsos, ngeblog, dan berbagai macam aktifitas yang lainnya. Dengan online 24 jam kuota internet yang kita miliki akan cepat habis tanpa kita sadari, padahal baru saja kita isi kuota internet pada smartphone kita. Permasalahan seperti itu sering dikeluhkan bagi pengguna smartphone yang aktif berselancar didunia maya. Namun permasalahan tersebut sebenarnya juga ada penyebab-penyebabnya, dan semua itu juga ada solusinya.

Agar kuota internet bisa menjadi hemat, yang harus kita lakukan adalah :

1.Matikan fitur Maps

matikan maps

Fitur Maps ini akan menguras banyak kuota jika dalam posisi ON, ketika kita melihat trafic, menggunakan navigasi, sampai dengan melihat map lewat satelit. Tanpa kita sadari kuota yang terpakai sangat besar, jadi gunakan fitur ini jika benar-benar membutuhkan saja. Lebih baik kita berhenti dari kendaraan dan bertanya pada orang disekitar daerah tujuan yang kita cari, dengan seperti itu kita akan lebih tahu hal-hal terkini didaerah itu.

2.Gunakan aplikasi Mailbox untuk email

app mailbox

Bagi kita yang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan surat-menyurat, alahkan baiknya kita menggunakan aplikasi Mailbox, karena aplikasi ini ramah kuota, beda dengan aplikasi lainnya, ketika membuka dan membaca email kuota kita akan tersedot banyak untuk aktivitas tersebut. Jadi pilihan yang tepat untuk surat-menyurat adalah aplikasi Mailbox.

3.Gunakan browser ramah kuota

browser ramah kuota

Ada beberapa browser yang banyak menguras kuota jika kita menggunakannya, atau browser yang ramah kuota jika kita menggunakannya. Tentu kita akan memilih browser yang ramah kuota untuk menghemat kuota internet kita. browser yang ramah kuota adalah opera mini dan google chrome, karena browser tersebut ada settingan Data Saver.

4.Matikan sinkronisasi yang tidak perlu

matikan syn

Sebaiknya matikan sinkronisasi otomatis, karena akan banyak menguras kuota internet kita, lakukan sinkronisasi yang kita perlu, dengan masuk pada menu setting kemudian accaunt, dan pilih sinkronisasi , baru kita bisa memilih sinkronisasi yang kita perlu lakukan.

5.Aktifkan peringatan penggunaan Mobile Data

mobile data

Dengan menggunakan fitur ini kita bisa membatasi penggunaan kuota internet kita, jika terjadi pemakaian kuota internet melebihi batas yang telah kita tentukan maka kita akan mendapatkan peringatan. Sehingga kita bisa mengendalikan pemakaian kuota internet kita supaya tidak boros.

6.Aktifkan Restrict Background Data

Restrict Background Data

Kuota internet yang penggunaanya tidak kita sadari adalah dibackground smartphone kita Maka dengan mengaktifkan Restrict Background Data akan mebuat kuota menjadi hemat.

7.Hapus aplikasi yang menyedot kuota banyak

hapus aplikasi

Dengan cara mengidentifikasi apalikasi sebelumnya di menu Settings kemudian pilih Data Usage dan scroll ke bawah. Disitu kita akan mengetahui aplikasi yang banyak menyedot kuota. Kemudian kita pilih dan uninstall aplikasi tersebut. Selanjutnya kita install aplikasi yang ramah kuota.

8.Update aplikasi ketika terhubung dengan Wifi

update aplikasi

Kita setting aplikasi hanya bisa terupdate ketika terhubung dengan Wifi saja, karena banyak kejadian pengguna smartphone ini mengalami update otomatis ketika ada aplikasi yang waktunya update. Akhirnya kuota internet menjadi cepat habis hanya untuk update aplikasi.

Demikian cara-cara supaya kuota internet kita bisa menjadi lebih hemat, sehingga kita tidak sering mengisi kuota internet lagi, dan uang kita bisa bermanfaat untuk keperluan lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *