Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Kuota Internet di Hp

Cara Menghemat Kuota Internet di Hp

cara hemat kuota

Zaman Now, tidak pakai internet adalah sebuah ketertinggalan yang jauh, hampir tiap satu rumah ada 1 minimal pengguna internet. Internet memang bisa menghubungkan yang jauh menjadi dekat, yang di daerah bisa megetahui informasi di kota, bahkan tahu informasi di mancanegara. Betapa dimudahkan kehidupan kita dengan internet.Dengan kebutuhan internet itu , maka kita sangat membutuhkan koneksi internet tersebut. Dan koneksi bisa kita dapatkan melalui kabel dan pulsa data. Pada artikel ini yang kita bahas adalah tentang koneksi internet via pulsa data. Tentunya pulsa data ini sering digunakan dalam koneksi internet via handphone. Semakin sering kita menggunakan internet di HP, tentu saja kuota internet kita akan semakin cepat habis. Dan untuk bisa menggunakan lagi internet sudah pasti kita harus menambah kuota lagi dengan cara membeli pulsa data. JIka kita sering kehabisan kuota tentunya kocek yang harus kita keluarkan juga banyak. Maka disini kami mencoba memberikan solusi supaya kuota kita bisa hemat dan tidak mudah habis, bagaimana caranya …?

1.Memanfaatkan Wi-fi

wifi

Ketika mendapatkan koneksi internet via Wi-fi, segeralah matikan data di hp, kemudian segeralah update aplikasi yang belum di update, mengunduh video, maupun gambar-gambar yang belum terunduh. Dan juga bisa melakukan streaming musik atau video, karena streaming dengan menggunakan data di hp akan menguras kuota yang besar sehingga kuota cepat habis.

2.Mematikan Sinkronisasi

Dengan mematikan sinkronisasi ke aplikasi yang jarang kita gunakan adalah salah satu menghemat kuota yang kita miliki, karena dengan mematikan sinkronisasi, kuota cukup tersedot pada aplikasi yang kita jalankan atau gunakan saja.

3.Aktifkan Data Saver

Memilih aplikasi browser yang tepat adalah juga salah satu cara kita menghemat kuota. Saran penggunaan browser yang menghemat kuota jatuh pada browser google chrome atau opera mini, karena di google chrome sebagai aplikasi ramah kuota. Hal itu karena terdapat fitur Data Saver yang diklaim dapat menghemat kuota hingga 50 persen.

4.Mengaktifkan Kuota Saat Dibutuhkan

Jangan menyalakan data internet 24 jam nonstop, karena kuota akan cepat habis jika tetap melakukan hal itu. Cukup menyalakan ketika dibutuhkan saja, ketika tidur sebaiknya dimatikan, atau sedang melakukan pekerjaan lain, sebaiknya data internet di matikan. Dengan cara itu bisa menghemat kuota internet kita.

5.Matikan Aplikasi Google Maps

google maps

Aplikasi Maps ini salah satu penyumbang besarnya kuota yang terpakai, sehingga kuota internet bisa cepat habis. Gunakan aplikasi ini ketika diperlukan saja.

6.Gunakan Aplikasi Mailbox Untuk Keperluan Email

Penggunaan aplikasi ini sangat menghemat kuota internet, ketika kita mau melakukan surat menyurat aplikasi inilah yang paling disarankan.

7.Memanfaatkan Bluetooht

Berbagi foto ataupun video adalah hal yang mungkin sering kita lakukan, namun sebenarnya hal itu juga menguras banyak kuota jika kita lakukan menggunakan data internet kita. Solusi terbaik adalah mengirim gambar atau video ke teman kita adalah dengan menggunakan bluetooht. Dengan cara ini anda akan menghemat kuota internet anda.

8.Gunakan Aplikasi Kompresi Data

Menginstall apalikasi kompresi data adalah salah satu pilihan supaya kita bisa melakukan penghematan kuota internet kita, dan aplikasi tersebut bisa kita unduh diplystore, dengan menggunakan aplikasi ini minimal kita mampu menghemat sedikit kuota internet kita supaya tidak cepat habis.

Semua tips diatas tentunya tidak bisa kita lakukan semuanya dalam realitas kita menggunakan data internet di hp kita, namun kita bisa mengambil poin-poin yang menurut kita mungkin kita lakukan pada hp kita. Dan intinya dengan bisa menghemat kuota internet kita , kita juga bisa menghemat pengeluaran kita.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *