Home >> Tips dan Trik >> Cara Menghemat Data Internet Android

Cara Menghemat Data Internet Android

Seringnya mengisi ulang pulsa data internet pada android kadang bisa juga menguras kocek kita. Permasalahan boros data internet kadang tidak dari pemakain saja, tetapi ada faktor lain yang menyebabkan data internet kita menjadi boros seperti settingan pada android yang kurang benar atau karena ketidaktahuan kita tentang penyebab borosnya data internet. Agar data internet pada android kita bisa hemat dan tidak boros, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan harus kita lakukan.

Berikut cara menghemat data internet pada android :

1.Matikan aplikasi Maps

maps

Dalam mode on aja fitur ini sudah banyak menguras data internet, apalagi dalam mode Navigation Direction pasti data yang terpakai cukup besar. Begitu juga jika melihat maps melalui satelit atau melihat traffic secara waktu terkini, sudah dipastikan data internet android kita akan cepat habis. Sebaiknya kita mode off saja fitur ini dan kita nyalakan jika sangat membutuhkan sekali.

2.Gunakan browser ramah data internet

opera

Browser atau mesin pencari diinternet juga salah satu penyebab cepat habisnya data internet pada android kita jika salah menggunakan browser. Browser bawaan biasanya memakan data internet yang cukup besar. Dan sebaiknya menggunakan browser yang ramah data internet seperti opera mini dan chrome, karena pada browser ini mampu mengompres data menjadi kecil sehingga ringan dan tidak memakan banyak data internet.

3.Matikan update aplikasi

update aplikasi android

Seringnya aplikasi terupdate otomatis maka data internet juga otomatis terkuras. Kesalahan ini karena ketidaktahuan kita untuk mensetting atau sengaja tidak merubah settingannya. Jadi agar data internet bisa hemat maka kita harus mensetting pada setelan google playstore pada tidak update otomatis. Jadi ketika kita mendapatkan notifikasi update aplikasi, barulah kita lakukan update secara manual dan kita lakukan ketika terhubung dengan wifi saja.

4.Matikan sinkronisasi yang tidak perlu

sinkronisasi dimatikan

Yang juga tidak kita sadari adalah tersinkronnya banyak aplikasi yang tidak perlu bagi kita. Seakan akan kita tidak membuka aplikasi tersebut tetapi data internet kita cepat terkuras. Karena aplikasi yang tersinkron selalu on proses sehingga membutuhkan data internet. Jadi solusinya mensinkronisasi aplikasi yang diperlukan saja.

5.Pasang aplikasi kompresi data

Onavo Extend

Aplikasi kompresi data salah satunya adalah Onavo Extend, meskipun tidak bisa kompresi video minimal aplikasi ini menjadi salah satu cara menghemat data internet android kita. Jadi hindari streaming video jika menggunakan data internet, tetapi bisa streaming video jika ada koneksi wifi.

6.Matikan data internet jika menjelang tidur

matikan data internet

Online 24 jam juga menghabiskan data internet, padahal ketika kita sedang melakukan pekerjaan juga tidak perlu dalam kondisi online, baru setelah selesai melakukan pekerjaan bisa dinyalakan lagi data internetnya. Bisa juga ketika menjelang tidur malam, data internet sebaiknya dimatikan saja, selain tidak mengganggu tidur kita data internet akan bisa dihemat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *