Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Cara Memulai Bisnis PPOB

Cara Memulai Bisnis PPOB

Banyak pilihan macam – macam usaha , bikin kita bingung menentukan pilihan usaha yang tepat untuk kita jalankan. Jika kita analisa dengan baik mulai dari modal, potensi pasar, dan cara menjalankan usaha, yang paling mudah dan memiliki potensi pasar yang besar adalah bisnis PPOB.

Sebelumnya kita harus tahu PPOB itu apa. PPOB adalah loket pembayaran online, dengan menggunakan akses internet untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan Bank. Kepanjangan PPOB adalah Payment Point Online Bank. Munculnya PPOB ini masyarakat dimudahkan dalam pembayaran tagihan – tagihan tiap bulannya, seperti pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, angsuran ADIRA, dan lain -lain. Mereka cukup membayar tagihan yang mereka miliki ke loket PPOB terdekat dari rumah, mereka tidak harus membayar tagihan tersebut ke kantor.

cara bisnis ppob

Bisnis PPOB ini memulainnya tidak harus dengan modal yang besar, dengan modal yang cukup maka bisnis ini akan mudah dijalankan. Begitu juga potensi pasar yang masih besar, membuat bisnis loket PPOB ini menjamur dimana – mana. Bagi kita yang mau memulai menjalankan bisnis ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Cara Memulai Bisnis PPOB :

1.Memilih Vendor yang tepat

vendor ppob

Vendor PPOB yang banyak ini membuat kita harus memilih salah satu dari vendor tersebut untuk menjadi mitra bisnis kita nantinya. Cara memilih vendor tersebut dengan melihat keunggulan yang dimilikinya, seperti produk yang lengkap, layanan yang baik, harga yang terjangkau, dan fitur yang sederhana dan mudah dipahami. Keunggulan tersebut menjadi syarat pilihan kita untuk memilih vendor tersebut menjadi mitra bisnis kita. Terutama vendor yang memiliki server stabil dan uptime, sehingga hal tersebut menjadi syarat dari layanan baik ke pepelanggan.

2.Menyediakan tempat strategis

loket ppob

Meskipun tidak menjadi syarat yang utama, tempat strategis sangat diperlukan untuk menarik pelanggan baru. Dengan adanya tempat strategis tadi, maka pelanggan akan dengan mudah mengakses loket PPOB kita untuk melakukan transaksi. Tempat strategis ini juga masuk kedalam salah satu dari strategi pemasaran produk kita. Kalaupun kita tidak memiliki tempat strategis, maka rumah kita juga bisa untuk menjadi loket PPOB.

3.Modal cukup

modal cukup

Walaupun setiap vendor menentukan modal awal yang tidak terlalu besar, namun kita sebaiknya menyediakan modal yang cukup untuk memulai bisnis ini, karena setiap tagihan pelanggan dalam satu bulan berbeda -beda, ada yang kecil juga ada yang besar, jika modal kita kecil maka pembayaran tagihan pelanggan yang besar tidak bisa kita lakukan, sehingga ini akan menjadi pelayanan yang buruk dari kita ke pelanggan, bisa jadi di bulan berikutnya pelanggan sudah tidak membayar tagihannya ke kita. Jadi modal yang cukup menjadi syarat yang harus kita tentukan sendiri supaya transaksi bisa lancar.

4.Strategi promosi

strategi promosi

Selain kita memiliki loket PPOB, bukan berarti kita hanya menunggu pelanggan datang ke loket kita untuk membayar tagihan. Sebaiknya kita melakukan promosi door to door, karena dengan sistem ini maka pelanggan akan sangat terbantu dan dimudahkan. Terbantu karena kita mengingatkan pelanggan langsung bahwa mereka sudah saatnya membayar tagihan, supaya mereka tidak kena denda akibat telat membayar. Dimudahkan, karena mereka tidak harus keluar rumah untukmembayar tagihan mereka, jadi biaya transportasi tidak ada. Dan banyak lagi strategi promosi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pelanggan baru, intinya kita harus kreatif dalam masalah promosi.

4.Pelayanan Terbaik

pelayanan terbaik

Selalu memberikan respon cepat dan solutif dalam setiap permasalahan pelanggan, maka kita akan memiliki pelanggan setia dan bisa mengundang pelanggan baru untuk datang bertransaksi ditempat kita.

Demikian langkah – langkan yang mudah memulai menjalankan bisnis PPOB, semoga cara – cara diatas bermanfaat bagi kalian yang belum memiliki usaha ,dan mau memulai bisnis PPOB.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *