Home >> Tips dan Trik >> Cara Kwh Listrik Prabayar bisa Awet

Cara Kwh Listrik Prabayar bisa Awet

Beralih dari listrik pascabayar ke listrik prabayar untuk menghemat pengeluaran atau biaya listrik tiap bulannya. Namun realitanya sesudah menggunakan listrik prabayar biaya listrik yang dikeluarkan tetap besar. Ternyata listrik prabayar masih belum bisa pintar sepenuhnya..he..he..he. Maksudnya penggunaan listrik prabayar masih belum bisa menekan biaya listrik dalam tiap bulannya. Mungkin karena tarif listrik yang tidak pernah turun alias selalu naik dan lagi subsidi listrik yang sudah dihapus, penghapusan subsidi listrik ini masih belum menyentuh rasa keadilan karena subsidi tidak berdasarkan penghasilan dari pelanggan tetapi berdasarkan sebuah bangunan yang dimiliki. Padahal bangunan tersebut bisa jadi dari harta warisan orang tuanya.

kwh listrik

Akhirnya mau tidak mau bagaimana supaya Kwh listrik yang kita miliki bisa awet, sehingga kita tidak berulang-ulang membeli token listrik. Kalau kita hidup diperkotaan supaya Kwh awet ini agak sulit karena yang menggerakkan mesin didalam rumah hampir semuanya adalah listrik, mulai dari pompa air, penanak nasi, pendingin ruangan, dan lain-lainnya. Sebenarnya agar Kwh awet itu bukan melakukan trik-trik tertentu pada sebuah mesin listrik tetapi cara yang tepat adalah dengan mengatur pemakain listrik didalam rumah dengan baik dan benar. Seringnya menggunakan listrik maka Kwh bisa dipastikan akan cepat habis. Jadi cara Kwh listrik bisa awet adalah dengan cara menghemat pemakaian listrik.

Berikut cara supaya Kwh listrik bisa awet :

1.Nyalakan lampu dimalam hari saja

nayalakan lampu

Mengatur penyalaan lampu didalam rumah Mulai waktu magrib sampai pukul 9 malam kemudian kita matikan kecuali dalam kondisi diperlukan saja. Saat tidur semua lampu harus kita matikan semua kecuali 1 atau 2 lampu untuk penerangan diluar rumah saja yang menyala. Intinya mengatur supaya lampu tidak menyala semua bersamaan, dan mengatur supaya lampu bisa nyala bergantian.

2.Gunakan alat listrik hemat energi

alat listrik hemat energi

Mulai dari lampu kita ganti dengan lampu LED yang sangat hemat, kemudian peralatan elektronik yang hemat energi mulai dari setrika listrik, kulkas, pompa air, mesin cuci, AC, dan lain-lainnya. Dengan alat listrik yang hemat energi maka konsumsi listrik sangat kecil sehingga Kwh tidak cepat habis.

3.Gunakan energi alternatif dan pekerjaan manual

energi alternatif

Memasang panel listrik tenaga matahari untuk mensupport listrik sebagian dirumah kita. Selain itu pekerjaan didalam rumah sebagiannya kita lakukan dengan cara manual seperti halnya mencuci pakaian, menanak nasi di kompor, menimba air, dan pekerjaan manual lainnya. Dengan melakukan pekerjaan secara manual setiap hari maka kita akan terbiasa dengan hal tersebut, sehingga Kwh yang kita miliki menjadi awet.

4.Desain rumah hemat energi listrik

desain rumah hemat energi

Desain rumah menentukan juga pada penggunaan listrik kita. Jika desain tidak benar maka kita akan boros listrik seperti fentilasi yang sedikit membikin pencahayaan didalam rumah gelap sehingga kita sering menyalakan lampu meskipun disiang hari. Kemudian juga membuat suhu ruangan didalam rumah menjadi panas sehingga kita harus sering menggunakan pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC. Jadi desain rumah yang memiliki fentilasi banyak dan banyak pepohonan atau tumbuh tumbuhan disekitar rumah kita maka rumah menjadi terang dengan pencahayaan sinar matahari langsung dan udara didalam rumah juga sejuk dengan banyaknya tumbuhan disekitar rumah kita.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *