Home >> Tips dan Trik >> Cara Hemat Listrik Terbaru 2019

Cara Hemat Listrik Terbaru 2019

Berbicara tentang penghematan tiada habisnya di tengah kondisi ekonomi yang sedang loyo. Ekonomi yang sedang buruk bisa di tandai dengan naiknya berbagai macam barang terutama barang pokok kebutuhan sehari hari. Dengan naiknya barang barang tersebut maka daya beli akan semakin menurun karena banyak orang akan berpikir ulang akan membeli sebuah barang jika barang tersebut benar benar sangat penting meraka butuhkan. Akhirnya solusi untuk bertahan adalah dengan melakukan penghematan dalam segi apapun termasuk penghematan pemakaian listrik dirumah. Berharap tarif listrik akan turun kayaknya tidak mungkin, kecuali Pemerintah mampu memberikan solusi terbaik dan betul betul memikirkan kesejahteraan rakyatnya. Bagi rakyat atau pelanggan hal tersebut adalah menjadi harapan, tetapi kewajiban atau solusi saat ini yang bisa dilakukan adalah melakukan penghematan. Karena dengan melakukan penghematan maka biaya listrik dalam tiap bulannya bisa ditekan dan menjadi ringan. Adapun untuk penghematan, pelanggan harus melakukan beberapa hal supaya listrik dirumah bisa hemat.

Berikut cara hemat listrik didalam rumah :

1.Gunakan sistem listrik prabayar

listrik prabayar

Jika masih menggunakan sistem listrik pascabayar, segera beralih pada sistem listrik prabayar. Pertama listrik prabayar memiliki sistem otomatis sehingga penghitungan kwh tidak akan salah beda dengan sistem pascabayar yang masih menggunakan penghitungan manual yang rawan dengan kesalahan penghitungan. Kedua listrik prabayar tidak ada biaya beban sehingga tarif atau biaya sesuai dengan tarif yang digunakan. Ketiga mudah mengukur kebutuhan listrik dalam tiap bulannya sehingga bisa melakukan penghematan yang harus dihemat dalam pemakaian listrik dirumah. Keempat tidak ada denda karena jika stromm habis akan ada pemadaman otomatis dan untuk menyalakan pelanggan harus membeli stroom lagi.

2.Pasang tandon air

tandon air besar

Kebutuhan air dalam rumah sangat penting sekali, kebutuhan air sebanding dengan jumlah penghuni rumah, semakin banyak penghuni rumah semakin besar juga kebutuhannya. Karena air yang pertama untuk minum dan masak, kemudian untuk mandi dan mencuci, serta untuk kebutuhan lainnya seperti menyiram tanaman dan halaman rumah. Dengan dipasang tandon air maka penggunaan listrik tidak terlalu sering untuk menyalakan pompa air listrik. Cukup menyalakan untuk pengisian tandon air jika tandon air kosong. Dalam satu hari 1 sampai 3 kali pengisian dan itu yang bisa menghemat listrik didalam rumah.

3.Gunakan lampu hemat listrik

lampu hemat listrik

Mengganti semua lampu dengan lampu hemat listrik atau LED adalah langkah bijak dalam penghematan listrik. Harga sedikit mahal namun sangat bisa menghemat listrik hampir separu pemakaian lampu karena LED memiliki watt rendah dan memiliki penerangan yang tinggi. Selain itu membiasakan menyalakan dan mematikan lampu dengan bijak seperti mematikan lampu pada ruangan yang tidak terpakai dan mematikan lampu saat menjelang tidur.

4.Gunakan mesin cuci dengan bijak

mencuci baju kotor

Mencuci dengan mesin cuci sebaiknya jika pakaian kotor sudah banyak dan jika pakain kotor masih sedikit dan sangat dibutuhkan untuk dipakai sebaiknya dilakukan secara manual saja. Mengeringkan pakaian pun juga demikian, jika musim kemarau memanfatkan sinar matahari sebagai pengering alami dan mengeringkan baju menggunakan mesin jika terjadi di musim penghujan saja.

5.Setrika baju yang penting

setrika baju seragam

Baju yang penting untuk disetrika adalan seragam kerja atau seragam sekolah, kemudian baju untuk beribadah, dan baju untuk kepentingan diluar rumah serta baju yang kainnya mudah kumal. sSelain itu sebaiknya tidak usah disetrika. Dengan melakukan hal diatas maka bisa dipastikan biaya listrik didalam rumah dalam setiap bulannya akan menjadi ringan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *