Home >> Pulsa elektrik Murah >> Cara Hemat Kuota Internet Di Android 2021

Cara Hemat Kuota Internet Di Android 2021

Hemat kuota internet di Android 2021 sangat diperlukan karena di masa ini sedang berlangsung musim pandemi covid 19. Sehingga banyak aktivitas pekerjaan dilakukan secara online. Mulai WFH (Work From Home) yang dilakukan banyak pegawai dalam pemerintahan maupun swasta, membuat pekerjaan dilakukan secara online untuk menghindari tatap muka yang menjadi salah satu penyebab tersebarnya virus corona 19.

Sehingga permintaan smartphone terutama android semakin meningkat, begitu juga permintaan data kuota internet untuk android juga semakin meningkat di 2021 ini. Meskipun koneksi wifi juga sudah banyak, namun penggunaan data internet sangat diperlukan untuk android supaya android bisa digunakan di segala tempat. Jadi menghemat kuota internet di android 2021 penting juga dilakukan supaya tida boros pengeluaran dalam setiap bulannya.

Matikan Fitur Maps

sumber : https://carisinyal.com/

Fitur maps dalam android saat ini agak penting juga. Apalagi ketika memesan makanan dan minuman via ojek online. Fitur maps harus dalam kondisi on untuk mengetahui lokasi pengantaran pesanan. Sayangnya aplikasi maps ini banyak memakan data internet karena harus melihat gambar dan trafik secara realtime. Untuk bisa menonaktifkan aplikasi maps, kamu bisa buka android kamu dan cari aplikasi maps. Setelah ketemu kemudian cari menu save map to use offline, dan selanjutnya pilih mode offline. Jika membutuhkan untuk menggunakan aplikasi maps ini baru kamu on kan kembali. Dijamin cara ini bisa sedikit menghemat data internet kamu.

Gunakan Browser Yang Lebih Hemat

sumber : https://tekno.kompas.com/

Mesin pencariaan kamu juga sangat berpengaruh dengan penggunaan kuota internet kamu. Ada beberapa aplikasi browser pada android yang bisa digunakan. Dan setiap browser ini memiliki keunggulannya sendiri. Sehingga dalam pemilihan browser harus cerdas supaya data internet kamu bisa di hemat. Browser apa saja yang bisa menghemat data internet ? kamu bisa memilih di antara browser ini, yaitu Opera mini, pada browser ini memiliki kemampuan untuk mengkompres website yang dikunjungi sehingga pencarian lebih cepat dan ringan, terlebih lagi tidak memakan data internet terlalu banyak. Berikutnya juga bisa memilih browser chrome, pada browser ini juga memiliki kemampuan seperti opera mini sehingga data internet bisa di hemat.

Matikan Sinkronisasi Yang Tidak Diperlukan

Sinkronisasi beberapa aplikasi di android memang sangat diperlukan, untuk mempermudah penggunaan dalam android. Namun sinkronisasi initernyata menghabiskan banyak data internet juga. Karena aplikasi yang kamu tutup ternyata masih menyala karena tersinkronisasi dengan aplikasi lainnya. Jadi sinkronisasi pada android silahkan kamu lakukan sesuai kebutuhan saja. Dan cara mematikan sinkronisasi otomatis ini bisa menuju ke pengaturan, kemudian pilih menu akun, dan pada menu akun pilih menu sinkronisasi dan pilih aplikasi yang perlu disinkronisasi saja.

Batasi Penggunaan Kuota Dengan Peringatan

Pada android ada fitur untuk membatasi penggunaan kuota internet dalam satu hari. Jadi manfaatkan fitur ini dengan mengaktifkannya. Caranya cari menu Settings setelah ketemu pilih menu Data usage dan di menu ini ada pilihan Celular data kemudian pilih menu Set celular data limit kemudian tap untuk mengaktifikannya. Dengan menyalakan fitur ini, jika penggunaan kuota internet kamu melebihi batas yang telah kamu tetapkan maka akan ada notifikasi.

Batasi Kuota Internet di Background (Restrict Background Data)

sumber : https://www.qualitiva.id/

Selain itu kamu juga bisa menggunakan cara satu ini di android kamu untuk menghemat kuota internet kamu. Yaitu menonaktifkan penggunaan data di background android kamu. Caranya masuk ke menu Settings kemudian pilih menu Data Usage di menu ini pilih salah satu aplikasi kemudian tap background data dan terakhir klik OK. Cara ini silahkan di coba dan dijamin kuota internet kamu bisa lebih hemat. Namun, jikamenu ini diaktifkan maka notifikasi pada android kamu menjadi lambat.

Uninstall Aplikasi Boros

Ada beberapa aplikasi yang sangat boros sehingga menguras data internet kamu. Sebelum menghapus aplikasi tersebut cari dulu apalikasi yang boros boros tadi dengan cara masuk ke menu Settings lalu masuk ke menu Data usage dan cek di list mana saja aplikasi yang menguras data besar. Kemudian silahkan kamu uninstall aplikasi tersebut dari android kamu.

Kontrol Mobile Data Pada Setiap Aplikasi

Setelah menghemat data internet dengan cara di restrict background data. Ada cara lagi yang tidak kalah penting yaitu melakukan pembatasan juga pada setiap aplikasi tertentu. Caranya kamu bisa ke menu pengaturan kemudian masuk ke menu Back Up & Sync untuk menyalakan opsi penghematan data.

Matikan Update Aplikasi Otomatis

Aplikasi apalikasi pada android kamu dalam waktu berkala selalu mengalami update terbaru. JIka pada android kamu terseting update otomatis, hal ini akan menguras data internet yang kamu miliki. Oleh karena itu, silahkan matikan update otomatis pada android kamu, caranya masuk ke Play Store > Tap di garis tiga vertical > Settings > Auto-update apps > Over Wi-Fi Only. Dan notifikasi update akan selalu kamu terima. Kemudian kamu bisa mengupdate aplikasi tersebut ketika kamu terhubung dengan wifi.

Menggunakan Aplikasi Datally by Google

Aplikasi Datally memiliki fungsi untuk mengatur dan cara menghemat kuota data kamu. Tampilannya minimalis namun kaya akan fitur apalagi aplikasi ini merupakan buatan Google. Dengan fitur dari Datally ini kamu bisa mengatur / membatasi kuota internet perhari, Bedtime mode, manage data, dan lainnya.

Matikan Data Internet Saat Tidak Dibutuhkan

Cara menghemat data internet android kamu yang paling cerdas adlah dengan cara mematikan data internet pada android kamu saat tidak dibutuhkan. Hal ini dilakukan ketika menjelang tidur, bisa juga ketika mendapatkan koneksi wifi, dan saat di daerah yang sinyalnya buruk sebaiknya dimatikan saja data internetnya supaya data internet tidak tersedot banyak.

Jangan Lakukan Streaming di Youtube

Aplikasi youtube menjadi hiburan populer saat ini. Namun, streaming youtube juga banyak menyedot data internet yang besar. JIka kamu ingin nonton di youtube, sebaiknya ketika mendapatkan koneksi wifi saja karena hal ini sangat bisa menghemat kuota internet yang kamu miliki.

Jangan Digunakan Main Game Online

sumber : https://www.qualitiva.id/

Selain nonton youtube, aplikasi ndroid yang paling sering digunakan adalah game online. Pada game online dibutuhkan koneksi yang bagus untuk bermain karena harus mendownload gambar yang besar. Hal ini yang menjadikan kuota internet kamu bisa habis lebih cepat. Meskipun kamu bisa membeli paket data lagi, sikap menghemat sangat lebih penting. Jikapun ingin main game online, lakukan di saat mendapatkan koneksi wifi saja. Pada koneksi wifi koneksi lebih stabil dan permainan online kamu tidak terganggu oleh sinyal yang buruk.

Demikian beberapa cara menghemat kuota internet di android kamu. Dari beberapa cara di atas faktanya tidak mungkin dilakukan semuanya. Namun kamu bisa memilih beberapa cara yang tepat dengan kondisi kamu supaya kuota internet kamu bisa dihemat dan juga menghemat keuangan kamu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.