Home >> Tips dan Trik >> Cara Cerdas Hemat Listrik

Cara Cerdas Hemat Listrik

Maret 2018 ini PLN akan menyederhanakan tarif golongan listrik non subsidi, yang daya 900 VA menjadi 1300 VA dan diatas 1300 VA menjadi 5500 VA. Artinya bahwa kemungkinan besar listrik akan naik lagi. Dengan bahasa ” menyederhanakan ” seakan-akan listrik akan turun tarifnya, tetapi pada kenyataanya tidak begitu. Jika kita memiliki daya 900 VA dirumah kita, tagihan perbulan / yang dikeluarkan perbulan untuk listrik aja sudah besar, apalagi jika dirumah kita memiliki daya 1300 VA atau 5500 VA, sudah bisa dipastikan tagihan atau biaya yang dikeluarkan untuk listrik saja akan naik dari sebelumnya.

cara hemat listrik

Bagi pelanggan kelas menengah ke bawah, penyederhanaan ini nanti akan semakin memberatkan mereka, apalagi kalau mereka memiliki usaha rumahan yang proses pembuatannya harus menggunakan listrik, semakin terpuruklah mereka. Sebagai rakyat kita tidak bisa melakukan apa-apa dengan munculnya kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat, kita berdoa saja di 2019 kita berharap pemerintahan yang baru yang sangat peduli dengan kebutuhan-kebutuhan penting rakyatnya. Sambil bersabar yang dapat kita lakukan hanyalah membatasi pemakaian listrik yang tidak perlu, dengan berhemat seperti itu kita bisa menekan biaya listrik yang kita keluarkan tiap bulannya.

Cara cerdas menghemat listrik :

1.Menanak nasi di kompor

masak nasi

Gunakan magic jar untuk menghangatkan nasi saja, menanak nasi menggunakan kompor akan menghemat listrik dirumah, apalagi rasa nasi dari hasil menanak dengan kompor jauh lebih sedap dan lebih enak rasanya. Apalagi jika kita tingal didesa, bisa menanak nasi dengan bahan bakar kayu akan jauh dari pemborosan listrik.

2.Gunakan setrika listrik otomatis

setrika otomatis

Harga agak mahal, tetapi setrika ini ada pilihan panas yang dibutuhkan sesuai dengan bahan kain pakaian kita. Setrika ini akan otomatis mati jika kebutuhan panas sudah terpenuhi dan menyala jika kebutuhan panas kurang. Setrika baju yang kusut saja, kaos yang dipakai dirumah tidak usah disetrika, biasanya bahan kaos tidak mudah kusut.

3.Gunakan mesin cuci jika cucian banyak

mesin cuci

Jika pakaian kotor sedikit, lebih baik cuci manual saja menggunakan tangan, cara ini akan banyak menghemat listrik. Jika pakaian kotor banyak, baru kita menggunakan mesin cuci. Gunakan pengering hanya dimusim hujan saja, jika musim kemarau cukup mengeringkan dengan sinar matahari.

4.Gunakan peralatan elektronik hemat listrik

alat hemat listrik

Membeli TV LED, komputer LED, lampu LED, semua peralatan tersebut akan sangat menghemat listrik meskipun harga belinya sedikit mahal. tetapi kita akan mendapatkan manfaat dari alat-alat tersebut , yaitu tagihan listrik tidak membengkak.

5.Tidak perlu menggunakan AC

rumah tanpa ac

Tata ruang yang bagus seperti ventilasi yang banyak dan bangunan dengan atap yang tinggi serta banyak tanaman disekitar rumah kita maka udara sejuk dan segar akan kita rasakan didalam rumah. Jadi tidak perlu membeli AC, dengan cara seperti itu kita akan lebih hemat listrik dan biaya karena tidak membeli AC.

6.Perilaku cerdas dalam menggunakan listrik dirumah

cabut kabel listrik

Mencabut kabel peralatan listrik yang tidak digunakan, karena alat elektronik dengan kondisi stanby masih mengkonsumsi listrik. Matikan lampu di pagi dan siang hari, nyalakan dimalam hari saja, dan ketika mau tidur dimatikan lampunya. Perilaku seperti itu akan bisa menekan biaya listrik yang kita keluarkan dalam tiap bulannya.

Demikianlah cara cerdas dalam menghemat listrik dirumah kita , meskipun ada beberapa yang ekstrem, padahal sebenarnya tidak ekstrem, karena kita hidup dijaman serba otomatis dan instan maka cara-cara tersebut sudah jarang sekali digunakan, akhirnya cara tersebut dianggap ekstrem.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *