Home >> Tips dan Trik >> Cara Berhemat Listrik di Rumah

Cara Berhemat Listrik di Rumah

Kebijakan pemerintah yang sudah tidak berpihak pada rakyat kecil, seperti penghapusan subsidi-subsidi harga kebutuhan pokok sehari-hari sampai pada penghapusan subsidi listrik. Kaya dan miskin semua berhak mendapatkan subsidi karena sesuai dengan undang-undang dasar bahwa segala kekayaan alam dikelola oleh negara dan hasilnya untuk rakyat. Namun yang terjadi saat ini rakyat harus membayar mahal untuk barang kebutuhan pokok termasuk listrik. Listrik menjadi barang krusial yang harus ada keberadaanya saat ini, karena semua pekerjaan dan barang-barang yang ada dirumah untuk menjalankannya membutuhkan tenaga listrik. Mau tidak mau rakyat harus membayar mahal agar dapat tetap menggunakan listrik. Agar isi kantong tidak boros hanya untuk membayar biaya listrik tiap bulannya maka harus ada penghematan dalam pemakaian listrik dirumah.

Berikut cara berhemat listrik di rumah :

1.Mengganti listrik dengan sistem prabayar

listrik prabayar

Yang masih menggunakan listrik sistem pascabayar atau sistem tagihan bulanan sebaiknya segera migrasi ke listrik sistem prabayar. Dalam sistem listrik prabayar mengontrol pemakaian listrik jauh lebih mudah daripada menggunakan listrik pascabayar karena listrik pascabayar berapapun penggunaan listrik dalam tiap bulan diketahui hanya ketika membayar tagihan, tetapi jika listrik prabayar penggunaan yang boros akan diketahui ketika stroom cepat habis dan bisa dilihat pada display meteran listrik prabayar. Selain itu listrik prabayar tidak ada biaya beban dasar yang harus dibayar.

2.Ganti semua perangkat yang menggunakan listrik dengan perangkat yang hemat listrik

berhemat listrik dirumah

Mulai dari lampu penerangan rumah semua diganti dengan lampu hemat listrik yaitu lampu LED, lampu LED ini memiliki penerangan yang tinggi dengan Watt yang rendah sehingga pemakaian listrik lebih hemat. Selain itu alat elektronik lainnya mulai TV, kulkas, setrika, mesin cuci, dan lain-lainnya diganti dengan peralatan elektronik yang hemat listrik.

3.Merubah kebiasaan yang baik dalam pemakaian listrik

kebiasaan buruk

Kebiasaan yang buruk dalam pemakaian listrik seperti menonton TV sampai tertidur, menyalakan lampu pada ruangan yang tidak terpakai, tidak mencabut kabel peralatan listrik yang sudah tidak terpakai. Kebiasana buruk diatas harus diubah dengan kebiasaan yang baik dengan mematikan TV jika sudah tidak ditonton, dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik lainnya.

4.Memasang tandon air yang besar

tandon air besar sekali

Air adalah kebutuhan yang sangat penting sekali, selain untuk minum air digunakan untuk mencuci baju, perlengkapan makan, motor, mobil, dan untuk menyiram tanaman, serta sebagai kebutuhan lainnya. Dengan memasang tandon air maka pemakaian listrik lebih hemat karena pompa air tidak akan sering menyala.

5.Menanam pohon yang rindang disekitar rumah

Menanam pohon yang rindang disekitar rumah

Suasana sejuk dan segar didalam rumah karena banyaknya pohon yang rindang disekitar rumah. Jadi sudah tidak memerlukan lagi pendingin ruangan, udara yang alami sudah cukup membuat sejuk ruangan didalam ruamah. Jadi biaya listrik bisa dihemat yang meringankan biaya dalam setiap bulannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *