Home >> Tips dan Trik >> Cara Agar Meteran Listrik Prabayar Tidak Muncul Tulisan ‘Periksa’

Cara Agar Meteran Listrik Prabayar Tidak Muncul Tulisan ‘Periksa’

Permasalahan yang sering menjadi keluhan bagi pelanggan listrik prabayar adalah sering munculnya tulisan ‘Periksa’ pada meteran listrik tersebut. Sehingga tidak bisa dilakukan pengisian stroom. Dua kasus bisa terjadi jika muncul tulisan ‘Periksa’, Pertama listrik padam dan tidak bisa diisi stroom sebelum direset dengan kode temper yang diberikan oleh PLN. Kedua, listrik tidak padam dan stromm tidak pernah berkurang, dan yang ini bisa juga membahayakan keuangan pelanggan jika tidak segera lapor ke PLN, karena jika normal akan muncul tagihan listrik tunggakan yang besar jika tidak segera lapor kepada PLN. Jadi keduanya sama-sama merepotkan. Supaya tidak muncul tulisan ‘Periksa’ pada meteran prabayar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pelanggan.

Berikut agar meteran listrik prabayar tidak muncul tulisan ‘Periksa’ :

1.Pasang instalasi listrik dengan benar

sumber : https://teknisilistrik.com

Instalasi listrik dirumah yang buruk bisa menjadi pemicu munculnya tulisan Periksa pada meteran prabayar. Seperti pemasangan grounding yang tidak benar, sambungan kabel terlalu ruwet, pemasangan dilakukan bukan ahlinya, maka bisa dipastikan instalasi buruk dan sering muncul tulisan Periksa dimeteran PLN. Jadi jika instalsi benar dan bagus maka listrik tidak bocor dan tegangan listri menjadi stabil.

2.Gunakan kabel bagus SNI

sumber : https://hargaper.com

Yang diakibatkan jika menggunakan kabel tidak standar SNI, tegangan tidak stabil, kabel mudah terkelupas sehingga listrik bocor dan rentan konsleting. Sehingga meteran listrik prabayar sangat sensitif dengan arus yang tidak stabil dan alarm otomatis meteran prabayar adalah dengan munculnya tulisan Periksa. Jadi gunakan kabel SNI agar tidak terjadi hal-hal diatas, karena kabel SNI kuat dan teruji.

3.Pasang lokasi meteran prabayar diarea bebas benturan

sumber : https://economy.okezone.com

Meteran prabayar sangat sensitif sekali untuk melindungi dari hal-hal negatif, seperti pencurian listrik dengan membuka cover meteran. Namun meteran akan memberikan pesan Periksa jika cover meteran terbuka meskipun sedikit. Jadi area bebas gesekan untuk menghindari benturan meteran listrik prabayar dengan benda tumpul lainnya.

4.Penyambungan tambahan kabel instalasi baru dilakukan oleh ahlinya

sumber : http://lombokpost.net

Penyambungan kabel yang buruk dan tidak benar bisa memicu munculnya tulisan periksa pada meteran prabayar. Jadi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau dari petugas PLN.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *