Home >> Tips dan Trik >> Beberapa teknik sederhana membuat pembukuan keuangan dalam bisnis pulsa

Beberapa teknik sederhana membuat pembukuan keuangan dalam bisnis pulsa

Dalam mengembangkan bisnis pulsa, entah itu yang sudah memiliki lokasi (konter) maupun yang masih sampingan, pembukuan keuangan sangat diperlukan untuk melakukan pemantauan keuntungan usaha yang kamu jalankan. Dengan pembukuan yang baik maka besar kemungkinan bisnis yang kamu kembangkan akan lebih cepat berkembang.

trik pembukuan

Beberapa permasalahan yang terjadi terutama bagi pebisnis pemula adalah terkadang menganggap pembukuan keuangan ini sangat sulit, ribet, dan lebih parahnya ada yang menggap tidak penting untuk dilakukan.

Pada dasarnya, pembukuan keuangan tidak memiliki format yang pasti, apalagi dalam dunia bisnis. Karena kembali lagi ke tujuan pembukuan keuangan adalah untuk membuat laporan kegiatan transaksi yang telah kamu lakukan dalam beberapa waktu, jadi akan lebih baik jika format pembukuan kamu jalankan dengan sederhana dimana kamu sendiri paham berapa sisa saldonya, pemasukannya, pengeluarannya, sampai hutang usahanya. Ada beberapa teknik yang dapat kamu coba jika kamu masih merasa kebingungan untuk membuat sistem pembukuan.

Lakukan analisis kegiatan transaksi

Dalam membuat sebuah pembukuan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat tabel yang berisi kolom-kolom penjelasan. Jika kamu kebingungan apa saja yang harus di tulis dalam kolom tersebut, maka kamu dapat melakukan analisis kegiatan transaksi yang biasa kamu lakukan. Misalkan hal yang dibutuhkan saat melakukan transaksi pulsa adalah nomor telp, maka masukan nomor telp kedalam salah satu kolom. Kemudian biasanya setiap orang berbeda-beda dalam melakukan pembelian nominal pulsa, masukan juga nominal pulsa yang dibeli pelanggan kedalam salah satu kolom, begitu seterusnya.

Kenapa diperlukan analisis kegiatan ?? selain untuk mengisi penjelasan dalam kolom sebuah tabel pembukuan, analisis kegiatan dilakukan karena setiap bisnis memiliki perbedaan masing-masing dalam setiap kegiatan transaksi. Kamu tidak mungkin memasukan nomor telp kedalam kolom pembukuan usaha rumah makan, maka disitulah pentingan melakukan analisis kegiatan transaksi.

analisa

Tentukan berapa pembukuan yang akan kamu buat

Jadi pembukuan keuangan tidak hanya satu?? Tepat sekali. Kamu tidak mungkin bisa memasukan seluruh kegiatan transaksi dalam satu pembukuan. Akan sangat tidak efisien jika kamu memasukan kegiatan hutang usaha kedalam laporan kegiatan transaksi. Kamu dapat memisahkan beberapa kegiatan usaha menjadi beberapa pembukuan sederhana. Beberapa hal yang mungkin harus kamu pisahkan

  1. Pembukuan hutang usaha
  2. Pembukuan transaksi harian
  3. Laporan keuangan bulanan

Dalam berbisnis pulsa 3 jenis pembukuan diatas merupakan hal sederhana yang dapat kamu lakukan. Dengan melakukan pemisahan secara detail, maka hal ini akan memudahkan mu untuk mengetahui seberapa jauh bisnis yang kamu jalankan berkembang.

Hindari membuat jenis pembukuan yang tidak perlu

Dalam dunia akuntansi, ada banyak sekali jenis-jenis pembukuan, mulai dari neraca, laporan perubahan modal, sampai flow chart. Semua jenis pembukuan tersebut memang sangat membantu dalam memantau perkembangan bisnis, namun jika bisnis yang kamu kembangkan merupakan bisnis sekala kecil, maka berbagai macam pembukuan tersebut malah akan membuatmu kesulitan.

Karena kembali lagi ke fungsi awal dari pembukuan keuangan adalah untuk mengetahui setiap kegiatan transaksi yang berlangsung dalam bisnis yang kamu jalankan, maka akan lebih efisien jika laporan yang kamu buat merupakan laporan yang dapat kamu pahami. Mungkin saat bisnis yang kamu kembangkan sudah besar, beberapa laporan seperti neraca, sampai perubahan modal baru dibutuhkan pada saat seperti itu.

Buat rekapitulasi keuangan tiap bulan

Laporan keuangan bulanan di buat agar kamu dapat mengetahui prospek perkembangan bisnis yang kamu jalankan apakah tiap bulan pedapatan semakin banyak atau menurun. Laporan keuangan bulanan juga berfungsi untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang perlu ditekan untuk bulan selanjutnya, sehingga keuntungan dibulan selanjutnya dapat diperoleh secara maksimal.

rekapitulasi

Setiap pemain bisnis memiliki gayanya masing-masing dalam melakukan pembukuan keuangan untuk usaha yang mereka kembangkan. Tapi pada dasarnya setiap jenis pembukuan bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam mencatat setiap kegiatan transaksi usaha yang dijalankan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *