Home >> Tips dan Trik >> Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat berbisnis pulsa.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat berbisnis pulsa.

gagal bisnis

Di era yang serba digital ini, kebutuhan akan pulsa dan paket data semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat secara langsung melalui fakta dilapangan, dimana hampir setiap orang tak pernah terlepas dari kegiatan penggunaan ponsel. Sehingga semakin hari, semakin banyak orang yang memilih menjalankan bisnis pulsa, entah itu sebagai kegiatan utama, maupun sampingan.

Marak nya “pemain baru” dalam bisnis ini, membuat “pemain lama” melakukan berbagai inovasi dalam hal promosi dan pemasaran, agar bisnis yang dikembangkan tetap berjalan meskipun banyak nya penjual pulsa saat ini. Hal ini lah yang memicu beberapa tindakan maupun langkah yang salah dalam mengembangkan bisnis pulsa.

Menjual produk yang murah dengan kualitas yang kurang baik

Demi terjaganya perputaran uang, seorang pebisnis kadang melalaikan seseuatu hal yang terpenting, yaitu kualitas dari produk itu sendiri, begitu juga dengan pebisnis pulsa. Terkadang seorang penjual pulsa/paket data, sering kali menyediakan stok paket internet dengan harga yang murah dan jumlah data yang melimpah, namun kualitas jaringan yang bisa dibilang buruk. Hal ini bermaksud untuk menarik hati pelanggan dengan harga yang murah dan jumlah data yang sangat banyak.

Namun taukah anda jika langkah ini dapat merugikan anda sendiri ?. Hal ini karena, sebagian besar pengguna ponsel tidak menyukai jaringan internet mereka terasa lemot meskipun dengan kuota dan harga yang murah. Hhal ini dapat memicu pelanggan yang anda layani tidak kembali lagi, karena kualitas jaringan paket internet yang anda tawarkan buruk.

Selain itu jika anda hitung dengan cermat, meskipun ada juga pelanggan yang tidak terlalu mempermasalahkan kualitas jaringan, namun dengan banyak nya kuota yang mereka miliki, maka butuh waktu yang cukup lama untuk seorang pelanggan kembali membeli paket data yang anda tawarkan.

Kurang peduli dengan pelanggan yang membeli

gagal bisnis

Terkadang saat seorang penjual melayani pelanggan yang datang untuk membeli maupun hanya untuk sekedar melihat-lihat, seorang penjual tersebut sering sekali kurang perhatian dengan apa yang akan pelanggan pilih. Sebagai contoh, saat ada seorang pelanggan ingin membeli paket A atau pulsa A, namun ternyata saldo pulsa maupun barang yang diinginkan pelanggan sedang tidak tersedia. Namun yang dilakukan penjual hanya diam saja. Seharusnya penjual menawarkan produk lain yang sekiranya bisa dipilih oleh pelanggan dengan kualitas yang sama.

Ini hanyalah sebagian kecil dari strategi marketing yang dapat anda lakukan saat seorang pelanggan merasa kebingungan dengan pilihan yang akan diambilnya. Jangan sampai anda membiarkan pelanggan anda merasa kurang diperhatikan saat ingin membeli produk pulsa yang anda tawarkan.

Jangan ragu untuk  mereekomendasikan toko lain, saat produk yang anda tawarkan sedang out of stock

Saat pelanggan ingin membeli sebuah paket data, namun ternyata anda sedang kehabisan produk tersebut, anda dapat merekomendasikan toko lain yang memiliki produk yang sama. Percaya atau tidak, dengan merekomendasikan toko lain, secara tidak langsung pelanggan akan merasakan keterikatan sosial dengan anda, sehingga pelanggan tersebut akan kembali lagi ke lapak milik anda.

Namun satu hal yang harus anda ingat sebelum merekomendasikan toko lain. Anda sebelumnya harus sudah menawarkan produk lain yang anda miliki, jangan sampai anda membiarkan pelanggan anda pergi ke toko lain tanpa informasi tentang produk lain yang anda jual.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *