Home >> Tips dan Trik >> Beberapa jurus “anti bangkrut” dalam berbisnis pulsa

Beberapa jurus “anti bangkrut” dalam berbisnis pulsa

Berbisnis pulsa memang sedang ramai digeluti oleh sebagian orang. Tak jarang hampir setiap bulan, dapat ditemui konter-konter baru disebuah kawasan tertentu. Tak sedikit juga dari mereka yang lebih memilih gulung tikar karena tidak bisa bertahan menghadapi ketatnya persaingan. Jika kamu termasuk pebisnis pulsa pemula yang baru saja memulai, tentunya kamu tidak ingin bisnis yang sedang kamu kembangkan mengalami kebangkrutan seperti orang lain.

pengusaha

Fakta dilapangan menunjukan bahwa, sebagian besar mereka yang berbisnis pulsa sebagai sambilan/tanpa konter cenderung lebih beresiko mengalami kebangkrutan. Hal ini dipicu oleh beberapa hal, mulai dari tidak bisa deposit, sampai manajemen keuangan yang kurang baik. Jika kamu ingin bisnis yang kamu kembangkan bertahan, maka simak beberapa penjelasan berikut ini.

Bedakan keuangan pribadi dengan keuangan usaha

Masalah klasik yang nanti akan sering kamu hadapi saat menjalankan bisnis ini adalah kesulitan untuk melakukan deposit. Hal ini terjadi karena beberapa factor, salah satu nya karena kamu sering mengggunakan uang usaha untuk keperluan pribadi, dan parahnya lagi kamu mungkin tanpa sadar melakukannya.

memilah uang

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan dulu uang yang akan kamu gunakan untuk keperluan pribadimu adalah laba dari pulsa yang kamu jual. Misalkan jika dalam sehari kamu menjual 20 ribu pulsa dengan harga 28 ribu (4 transaksi pulsa 5 ribu dengan keuntungan 2 ribu tiap transaksinya) maka uang yang boleh kamu belanjakan adalah 8 ribu dari laba bersih yang telah kamu dapatakan dalam transaksi tersebut.

Tulis setiap transaksi dalam pembukuan sederhana

Sebenarnya kunci dari bisnis apapun termasuk bisnis pulsa, adalah seberapa baik kamu menulis setiap kejadian yang melibatkan bisnis yang kamu kembangkan. Pembukuan keuangan tidak harus rumit dengan table-tabel yang banyak, yang penting kamu sendiri paham dengan apa yang kamu tulis dengan deskripsi pengeluaran dan pemasukan yang jelas.

Sebagai contoh sederhana, kamu dapat menuliskan beberapa kolom yang berisi nomor telp, tanggal, sampai jumlah nominal yang di beli pelanggan. Bagaimana jika kita berjualannya dikantor, apakah memungkinkan untuk melakukan pembukuan di saat itu juga ?? pembukuan keuangan tidaklah harus selalu saat itu juga, jika memang kamu sedang berada dikantor yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembukuan tiap ada transaksi, maka kamu dapat menulis transaksi tersebut dalam berbagai media seperti kertas sampai dengan hp.

pembukuan

Hindari mereka yang sering menghutang

Tak bisa dipungkiri bahwa mimpi terburuk dari seorang pemain bisnis pulsa adalah banyaknya teman, bahkan saudara yang menghutang pulsa. Kamu dapat menanggulangi hal tersebut dengan menulis setiap piutang usaha. Selain itu juga kamu harus menjadi “raja tega” yang setiap hari menagih piutang usaha yang kamu berikan. Jangan sampai kamu merasa tidak enak ketika melakukan penagihan hutang tersebut. Karena namanya berbisnis sudah sewajarnya jika memiliki piutang harus ditagih, hal ini untuk menghindari kerugian yang nanti akan terjadi dalam bisnis pulsa yang kamu jalankan.

Mungkin beberapa trik diatas terkesan sederhana, namun saat kamu menjalankannya dengan baik, maka dapat dipastikan bisnis yang kamu jalankan akan terus mengalami keuntungan. Selamat mencoba!!!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *