Home >> Tips dan Trik >> Artikel Penting: Bedanya JKN dan BPJS itu apa?

Artikel Penting: Bedanya JKN dan BPJS itu apa?

jyjdhr

Pada 1 Januari 2014, JKN mulai diperkenalkan. Hasilnya, masyarakat mulai berbondong-bondong melakukan pendaftaran di kantor BPJS. Karena keterbatasan pelayanan, masih banyak masyarakat yang belum melakukan pendaftaran. Kebanyakan masyrakat mengeluhkan karena antrian panjang.

Seiring berjalannnya waktu, pihak BPJS yang merupakan badan pengurus JKN semakin memperbaiki pelayanan. Pendaftaran yang dahulunya membutuhkan waktu yang lama, saat ini bisa dilakukan secara online. Anda bisa mendaftar di mana saja dan kapan saja. Jelas ini akan menghemat waktu?

Lalu, apakah anda sudah tahu apa bedanya JKN dan BPJS?

Kurang elok seandainya anda ingin menjadi pelanggan JKN atau BPJS, namun belum mengetahui perbedaan keduanya. Apa itu JKN? apa itu BPJS? Agar anda tidak salah mendaftaran dan tentunya sesuai kebutuhan anda, berikut penjelasan terkait JKN dan BPJS.

Perbedaan JKN dan BPJS

JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program pelayanan kesehatan dari pemerintah. Menggunakan sistem asuransi. Bagi masyarakat yang terdaftar di dalam layanan ini diwajibkan menyisihkan sebagian uang mereka dalam bentuk asuransi. Uang inilah yang menjadi jaminan agar mereka tetap sehat. Intinya, ketika masyarakat sakit, mereka tidak perlu memikirkan uang utnuk membayar biaya berobat. Uang inilah yang akan digunakan untuk membiayai kebutuhan berobat.

Bagi masyarakat yang tergolong tidak mampu alias miskin tidak perlu khawatir. Masyarakat kelompok ini akan dimasukkan ke dalam PBI (Penerima Bantuan Iuran). Iuran tidak mereka yang membayar, namun pemerintah lah yang menanggungnya. Dengan demikian, maka tidak ada alasan tidak punya uang sekedar memeriksakan kesehatannya.

Sedangkan BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial memiliki dua jenis. Yaitu, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS kesehatan, dulunya dikenal PT ASKES. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hasil perubahan dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Jelas di sini ada perbedaan antara JKN dan BPJS. JKN merupakan nama program yang diselengarakan oleh BPJS. Sedangkan BPJS merupakan badan penyelenggara di mana kinerjanya diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

Ada baiknya sebelum anda mendaftarkan diri ke dalam program JKN, anda baca terlebih dahulu ketentuan dan prasyaratnya. Dari pada anda menyesal dan mengeluh saat sudah mendaftar, maka anda akan mengalami kerugian secara finansial dan waktu.

Selalu ingat.

Bila ingin menggunakan layanan ini, selalu baca dan perhatikan bagian ketentuan dan syarat. Mudahkan hidup anda dengan fitur “satu klik semua urusan beres”. Pastikan anda bisa menikmati keuntungan menjadi manusia digital. Klaim berbagai keuntungan dengan Download Aplikasi di bawah ini:

GooglePlay

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *