Home >> Voucher Game Online >> Apex Legends, Game Populer 2021

Apex Legends, Game Populer 2021

Apex Legends adalah salah satu nama game online populer di tahun 2021. Game online pendatang baru ini bergenre battle royale dengan sistem free to play (F2P). Menariknya game satu ini dalam waktu yang cukup singkat setelah releasnya mampu menciptakan sensasi dengan mendapatkan 2500 juta pemain.

Game Apex Legends tidak kalah dengan game seniornya seperti Dota 2, CS:GO, dan lain-lainnya, karena game ini sudah mampu mendominasi pasar esports. Agar kamu bisa bermain pro di game satu ini sebaiknya kamu mengenal lebih jauh tentang game battle royale ini.

Latar Belakang

sumber : https://charlieintel.com/

Berawal dari The Frontier War yaitu sebuah peperangan yang melibatkan antara Interstellar Manufacturing Corporation (IMC) dengan Frontier Militia yang telah dilakukan ratusan tahun yang lalu. Pada konflik ini IMC mengalami kekalahan, kemudian kedua belah pihak menarik kembali semua senjata dan teknologi mereka, sehingga wilayah pertempuran ini menjadi terbengkalai.

Warga Frontier akhirnya merasakan perdamaian, namun mereka tidak mampu lagi melanjutkan kehidupan di tempat itu. Kemudian sebagian mereka melakukan relokasi ke daerah tepi Frontier, yaitu Outlands. Outlands ini adalah sebuah tempat diluar wilayah peperangan, sehingga memiliki tempat subur dengan sumber daya alam, akan tetapi di Outlands memiliki sebuah budaya buruk dalam menyelesaikan permasalahan yaitu dengan pertandingan bloodsport. Dan pertandingan bloodsport.itu dinamakan Apex Games.

Pertandingan Apex Games ini tidak hanya diikuti oleh warga outlands saja, tetapi dikuti juga oleh penjelajah, hingga kriminal. Tujuan mereka melakukan pertandingan untuk mencari kekayaan, kekuasaan dan ketenaran. Jadi kisah Apex Legends adalah sebuah pertarungan untuk tujuan berbeda-beda sesuia ambisi yang dimiliki petarung masing-masing.

Legends

sumber : https://esportsnesia.com/

Legends adalah sebutan setiap karakter yang dimainkan dlam game Apex Legends. Karakter dalam game ini memiliki ciri yang khas daripada game yang bergenre battle royale pada umumnya. Pada karakter game ini memiliki desain dan dialog yang unik. Setiap karakter juga memiliki skill dan ability yang berbeda.

Dialog yang dimiliki masih-masing karakter sangat unik sehingga setiap pemain ingin memainkan tidak hanya berdasarkan skill dan ability saja, tetapi juga karena kepribadian karakter tersebut. Biasanya dalam game lainnya banyak pemain memilih karakter berdasarkan penampilan karakter yang unik, tetapi di game ini tidak demikian. Selain itu masing karakter bisa mengekpresikan dirinya sendiri dalam permainan tanpa mengganggu pemain. Hal ini di sebut voice line sebagai variasi dalam permainan sehingga menambah sensasi dalam permainan.

Apex Legends juga mirip dengan game bergenre MOBA, yaitu menekankan permainan dalam sebuah tim agar saling bekerjasama untuk memenangkan sebuah pertandingan. Dalam game ini ada sebuah fitur yang bisa membantu para pemain pemula supaya bisa berkontribusi dalam permainan tim. Fitur tersebut adalah fitur ability.

Game Mechanics Apex Legends

sumber : https://segmentnext.com/

Ping

Sistem ping di game ini sangat menarik sekali dibandingkan dengan yang dimiliki oleh game battle royale yang lainnya, ataupun dengan beberapa game yang bergenre RTS (Real-Time Strategy). Sistem komunikasi kepada teman satu tim di game ini secara otomatis karakter kita langsung mengenali apa yang dilihat, dan menyampaikan kalau ada musuh, sambil mengucapkan voice line yang kontekstual terhadap kondisi, seperti lokasi senjata, amunisi, armor, dan hal lainnya. Pada game lainnya jika kita menekan tombol ping maka kita hanya menunjukkan sinyal tempat, jarak, atau lokasi saja, dan tidak semua anggota tim bisa melihat jelas apa yang ditunjukkan.

Inventory

Dalam sistem inventory game Apex Legends membuat pemain pemula bisa bermain dengan fokus untuk merencanakan strategi daripada memikirkan tentang inventory ini. Hal ini juga yang membuat menarik pemain baru dalam game ini.

Sniper

Luas map yang sangat besar dan banyaknya area yang terbuka membuat senjata sniper sulit sekali dilakuakan dalam pertandingan. Karena senjata ini selain memiliki daya rusak yang tinggi dan akurasi yang tinggi, tetapi juga memiliki beberapa kelemahan dalam permainan battle royal. Kelemahan tersebut diantaranya terjadi delay saat menembak hingga peluru mengenai target, atau peluru berbelok sedikit ke bawah jika menembak target yang jauh. Hal ini yang menyulitkan banyak pemain.

Namun di game Apex Legends menawarkan sistem dynamic crosshair yang bisa membantu pemain dalam memprediksi titik mendaratnya peluru sehingga senjata sniper ini mudah dipakai dipermainan ini. Cara memprediksi jatuhnya peluru yang akan ditembakkan adlah dengan cara mencocokkan angka yang tertulis di rangefinder dengan lokasi scope. Sehingga akan lebih mudah memprediksi jalur tembakan. Teknik ini seperti skill pada dunia nyata sehingga bisa dipelajari.

Gameplay

sumber : https://www.oneesports.gg/

Garis besar permainan Apex Legends dalam setiap rondenya maksimal terdiri 20 squad, dan 1 squad terdiri 3 pemain. Kemudian setiap squad berusaha memenangkan pertandingan dengan cara bekerjasama dengan satu timnya masing-masing.

Terjun Bebas

Permainan dimulai dengan terjun bebas seperti permainan battle royale pada umumnya. Masing-masing pemain bebas memilih tempat mendarat. Setelah mendarat di arena setiap pemain melakukan looting sebagai tahap persiapan sebelum melawan musuh. Salah satu tim yang solid adalah sejak awal sudah selain koordinasi dan mengatur strategi dalam pertempuran. Hal ini dilakukan saat terjun bebas dengan bersamaaan jangan sampai terpencar. Strategi pertama adalah mengangkat pemimpin tim yang disebut jump master. Kemudian tiap anggota harus mengikuti perintah dari pemimpinnya, kapan mulai waktu tepat untuk terjun hingga mendarat.

Menjelajahi Peta

Dalam game ini memiliki kelebihan dalam eksplorasi peta. Pada game ini memberikan kebebasan yang sangat besar bagi setiap pemain dalam memilih rute perjalanan, mulai dari sistem no fall damage yang mendukung kita untuk menggunakan rute dari daerah yang tinggi tanpa takut mati kalau jatuh; kecepatan sliding karakter yang mengikuti momentum kecepatan karakter kita turun dari zipline; dan masih banyak lagi sistem movement yang ada. Jika manuver monement ini bisa dikuasai maka banyak trik kecil yang bisa membuat manuver movement ini bisa menggerakkan pemain lebih cepat lagi.

Peta

Pada game Apex Legends masih tersedia satu peta yaitu Kings Canyon. Namun peta ini terdiri dari beberapa lokasi yang menarik seperti gedung militer, perumahan kumuh, sungai, dan lainnya. Pihak developer dari Apex Legends masih mengembangkan beberapa peta lain yang bisa kita tunggu rileasnya nanti.

Melawan musuh

Dalam pertandingan ketika HP kita dihabisi oleh tm lawan, karakter tadi akan berubah ke downed state, sehingga membuat karakter hanya bisa merangkak dengan sangat lambat. Selain itu karakter tidak bisa menggunakan senjata untuk melawan musuh. Namun karakter tadi masih bisa melakukan ping untuk membantu tim supaya pertandingan bisa bertahan. Setelah mencari tempat yang aman maka karakter tadi bisa revive oleh anggota tim atau menggunakan item revive milik kita sendiri.

Apex Legends di esports

Rilisnya Apex Legends di esports menarik banyak perhatian organisasi esport dari seluruh penjuru dunia. Sehingga banyak dari mereka segera membentuk tim esport untuk menjajal permainan baru ini. Hingga saat ini Apex Legends belum pernah memiliki turnamen besar. Namun Apex Legends memiliki potensi besar dalam esports. Kita tunggu saja kedepannya semoga ada kabar gembira.

Leave a Reply

Your email address will not be published.