Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Apakah TOKEN PLN itu ?

Apakah TOKEN PLN itu ?

Sebagian besar masyarat masih asing dengan sebutan kata TOKEN PLN, bahkan bagi pelanggan PLN pun juga banyak yang masih awam dengan kata TOKEN PLN. Pada tahun 2012 PLN mulai memperkenalkan listrik pintar ini didaerah Nusa Tenggara Barat. Listrik pintar ini namanya adalah Listrik Pra Bayar (LPB), karena namanya pra bayar tentu untuk mendapatkan listrik ini harus bayar dahulu sebelum menggunakan listrik, beda dengan listrik pasca bayar yang membayar setelah munggunakan listrik. Dengan membayar dahulu untuk mendapatkan listrik, PLN berharap pelanggan juga pintar dalam pemakaiannya karena juga disebut listrik pintar. Sebagaimana alat komunikasi kita yaitu hp, jika kita tidak pandai berhemat maka pulsa hp kita akan cepat habis.

token pln

Listrik prabayar kini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, dan kini pelanggan disarankan oleh PLN yang masih menggunakan listrik pasca bayar untuk pindah ke listrik pra bayar. Tetapi banyak pelanggan yang masih takut untuk berpindah dari pasca ke pra bayar, karena dihantui oleh informasi kendala-kendala jika menggunakan listrik pra bayar/ token. Sebenarnya sistem pra bayar ataupun pasca bayar itu memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri.Kalau dikatakan listrik pra bayar itu lebih hemat itu tidak tepat 100 %, karena hemat dan tidak hemat itu tersebab dari gaya hidup kita dalam menggunakan listrik. Bagi pengguna listrik pasca bayar dimudahkan dengan hanya membayar tagihan perbulan kita tidak perlu kuatir kehabisan listrik, dan tidak harus pergi keluar rumah untuk membeli token listrik. Sedangkan bagi pengguna listrik pra bayar jika limit kwh sudah dibawah harus membeli token untuk diisikan ke meteran supaya tidak sampai terjadi pemadaman. Ada beberapa cara kita dalam membeli token PLN

cara isi token listrik

1.Via online, cara ini biasanya pelanggan mendaftarkan ke server penyedia token listrik, kemudian melakukan transfer untuk mengisi saldo id anggota, baru setelah itu pelanggan bisa melakukan pembelian via sms ataupun via aplikasi.

2.Beli ke Loket PPOB terdekat rumah, biasanya juga melayani pembelian token PLN
3.Beli via ATM
4.Beli dimini market seperti indomart/alfamart
5.Via SMS Banking

Dan juga perlu pelanggan ketahui bahwa ada beberapa nominal token listrik yang disediakan oleh PLN, mulai dari nominal 20 rb, 50rb, 100rb, 200rb, 500rb, dan 1juta. Dan lagi yang perlu pelanggan ketahui dalam membeli token listrik yaitu, beli token itu bukan rupiah yang didapatkan tapi KWh. Jadi ketika pelanggan beli token listrik pasti ada biaya administrasinya dan biaya pajak, jadi tidak usah kaget jika membeli token nominal 100rb dapat Kwhnya kira-kira 70 KWh.

Kwh

Dimana tempat yang terbaik untuk membeli token listrik itu ? Tempat terbaik untuk beli token listrik adalah via online diserver penyedia token listrik, karena pelanggan cukup via sms atau aplikasi untuk mendapatkan token listrik. jadi tidak perlu pergi keluar rumah.
Jadi token itu adalah nomer seri yang diberikan oleh PLN ketika kita membeli token listrik, dan nomer seri itu yang akan kita input melalui meteran listrik dirumah untuk menambah Kwh listrik supaya tetap bisa menggunakan listrik. Masyarakat ada yang menyebutkan pulsa listrik, listrik prabayar, dan token listrik. Pada dasarnya sebutan itu sama maksudnya.
Biasanya jumlah digit id pelanggan token listrik adalah 11 digit, kadang masih banyak juga pelanggan salah memasukkan id pelanggan saat melakukan pembelian token listrik

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *