Home >> Tips dan Trik >> Apa Saja Penyebab Munculnya Tulisan “Periksa” Pada Meteran Listrik Prabayar

Apa Saja Penyebab Munculnya Tulisan “Periksa” Pada Meteran Listrik Prabayar

Sistem listrik prabayar telah menjadi solusi salah satu dari efesiensi kinerja PLN, juga menjadi salah satu penghematan listrik dari pelanggan PLN. Namun dalam sistem listrik prabayar tersebut masih banyak kelemahan-kelemahannya. Yang paling sering terjadi pada pelanggan PLN adalah meteran sering error, yaitu munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar.

Periksa

Karena pengetahuan pelanggan sedikit tentang listrik prabayar, maka jika terjadi error semacam itu mereka kadang panik. Kelemahan berikutnya ketika call pada CS PLN pada 123, kadang sulit dihubungi, padahal itu solusi yang terakhir yang bisa dilakukan pelanggan PLN jika mereka jauh dari kantor PLN. Kembali pada masalah munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar tadi, ada beberapa penyebab sehingga tulisan periksa bisa muncul.

Berikut penyebab-penyebab muncul tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar :

1.Pemasangan grounding yang salah

grounding

Pemasangan grounding harus benar, pemasangan dilakukan sebelum pemasangan Kwh meter supaya tidak muncul tulisan Periksa. Jika instalasi grounding ini salah maka munculah tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar. Jadi pemasangan instalasi ini harus dilakukan oleh ahlinya supaya tidak terjadi masalah tadi.

2.Kualitas kabel dibawah standar

kabel jelek

Meteran listrik ini semacam mesin otomatis, didalamnya sudag tersetting bahwa besaran arus listrik yang keluar masuk harus sesuai dengan standar yang ada. Jika kita menggunakan kabel dibawah standar, maka arus listrik yang masuk dan keluar akan berbeda dengan setting yang telah ada pada meteran listrik prabayar sehingga munculah tulisan Periksa. Jadi untuk instalasi listrik dirumah sebaiknya gunakan kabel yang ber SNI, karena memiliki kualitas yang telah teruji.

3.Listrik bocor

kabel terkelupas

Listrik bocor ini juga penyebab yang sering terjadi munculnya tulisan Periksa. Penyebabnya bisa peralatan listrik yang kita pakai ada masalah., berikutnya sambungan kabel yang terkelupas juga bisa menjadi penyebab munculnya tulisan Periksa. Sehingga arus listrik yang masuk dan keluar akan berbeda kemudian meteran mendeteksi masalah tersebut sehingga munculah tulisan Periksa tadi.

4.Tegangan listrik tidak stabil

tegangan listrik tidak stabil

Penyebabnya salah satunya trafo distribusi PLN yang kelebihan beban, bisa juga sambungan kabel listrik yang kendor menjadi penyebab tegangan listrik tidak stabil, atau juga adanya arus listrik yang terlalu besar bisa juga listrik tidak stabil. Karena meteran listrik ini sangat sensitif dengan hal tersebut maka munculah tulisan Periksa. Jika terjadi hal tersebut sebaiknya call 123 supaya dicari penyebab tegangan listrik tidak stabil tersebut dan diperbaiki.

5.Cover Kwh terbuka

cover kwh terbuka

Dalam meteran listrik prabayar ada sebuah pengaman, supaya tidak disalahgunakan pelanggan untuk mengotak-atik meteran tersebut. Karena yang terjadi pada meteran pasca bayar sering terjadi pencurian listrik dengan cara membuka segel meteran tersebut dan mengotak-atik yang ada didalamnya. Berbeda dengan meteran prabayar ini, jika cover kwh terbuka sedikit saja tombol temper ini akan menyala dan munculah tulisan periksa pada meteran. Jadi jangan sekali-kali untuk mencoba membuka cover Kwh tersebut. Jika terjadi masalah biar petugas PLN yang memperbaikinya.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab munculnya tulisan Periksa tadi, maka solusi yang tepat adalah call PLN deng no 123, caranya kode area kita masukkan dulu bari dibelakangnya 123, contohnya 0354123, (0354 area kediri). Setelah kita call PLN tadi 1×24 jam PLN akan memberikan solusi dengan datangnya petugas PLN ke kerumah kita, atau PLN memberikan sms 20 kode reset temper kepada kita untuk diinput pada meteran listrik agar meteran menjadi normal kembali.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *