Home >> Wisata >> 9 Obyek Wisata Terkenal Di Jawa Timur

9 Obyek Wisata Terkenal Di Jawa Timur

Obyek wisata terkenal di Jawa Timur ada di setiap kota dan kabupaten. Setiap kota dan kabupaten di Jawa Timur pasti memiliki destinasi wisata yang bisa dijadikan tujuan dalam berlibur. Obyek wisata terkenal di Jawa Timur bisa berupa pemandangan alam yang alami keindahannya seperti alam pegunungan, lautan, bahkan obyek wisata buatan dengan beberapa wahana yang menarik untuk dikunjungi.

Obyek wisata terkenal di Jawa Timur ini juga tidak hanya dikunjungi turis domestik saja, tetapi turis mancanegara juga sering mengunjungi beberapa obyek wisata terkenal di Jawa Timur. Jadi dimana saja tempat-tempat wisata terkenal di Jawa Timur itu ? Selengkapnya tentang obyek wisata terkenal di Jawa Timur akan kami bahas di bawah ini.

Obyek Wisata Bahari Gili Ketapang

sumber : https://wisatabagus.com/

Gili merupakan sebutan untuk nama pulau kecil, dan Gili Ketapang sebagai salah satu obyek wisata terkenal di Jawa Timur berada di Probolinggo. Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam baharinya yang berupa pulau kecil yang berada di utara kota Probolinggo dengan keindahan pasirnya yang berwarna putih dan tidak kalah indah dan menariknya pemandangan di bawah lautnya dengan biota yang beraneka ragam.

Selain pemandangan di bawah lautnya, Gili Ketapang juga dikenal dengan tempat yang bersih dengan pasirnya yang berwarna putih nan halus. Kenyamanan pengunjung di obyek wisata terkenal di Jawa Timur ini disebabkan oleh keramahan penduduknya sehingga setiap pengunjung yang pernah datang ke Gili Ketapang maka akan merasa kangen ingin kembali menikmati keindahan alamnya.

Untuk menikmati keindahan alam bawah laut di Gili Ketapang para pengunjung bisa melakukan snorkeling. Dengan melakukan snorkeling maka pengunjung akan merasakan keindahan bawah laut yang sangat menawan seperti beberapa jenis ikan yang sedang berenang diantara terumbu karang yang cantik. Di dalam bawah lautpun juga disediakan spot foto sehingga pengunjung bisa mengambil gambar di bawah laut dengan sangat apik.

Lokasi Dan Rute Menuju Ke Gili Ketapang

Lokasi Gili Ketapang merupakan salah satu bagin dari Kabupaten Probolonggo dengan alamat Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan rute untuk menuju Gili Ketang dari stasiun atau terminal Probolonggo, kemudian pengunjung bisa melakukan perjalanan menuju ke Pelabuhan Tanjung tembaga. Selanjutnya pengunjung bisa melakukan perjalanan menuju Gili Ketapang dengan naik kapal sekitar 1 jam untuk sampai di Gili Ketapang.

Paket Wisata Gili Ketapang

Di obyek wisata terkenal di Jawa Timur ini menawarkan paket wisata yang didalamnya ada beberapa aktivitas yang bisa dinikmati saat berada di Gili Ketapang. Di antara aktivitas itu adalah berkuda di pantai, latihan snorkeling, dan rest area sebelum melakukan snorkeling.

Obyek Wisata Gunung Bromo

sumber : https://bisnis.tempo.co/

Gunung Bromo tidak hanya terkenal sebagai obyek wisata terkenal di Jawa Timur saja, tetapi salah satu gunung aktif ini sudah sangat populer di mancanegara. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo. Gunung dengan ketinggian 2.392 Mdpl sering didatangi oleh pengunjung karena alamnya yang indah dan pemandangan sunrise di pagi hari yang sungguh menawan.

Namun, pada obyek wisata Gunung Bromo ini tidak hanya Gunung Bromo saja yang menjadi tujuannya. Tetapi ada beberapa obyek wisata yang ada dalam kawasan Gunung Bromo ini yang menjadi daya pikat para pengunjung. Di antara obyek wisata itu adalah :

Penanjakan 1

Lokasi Penanjakan 1 menjadi lokasi terbaik di kawasan Gunung Bromo untuk menyaksikan matahari terbit di pagi hari. Lokasi ini menjadi lokasi terbaik karena memiliki ketinggian yang paling tinggi di antara bukit lainnya. Keindahan sunrise bisa dinikmati bersamaan keindahan lembah di sekitar Gunung Bromo yang masih tertutup kabut saat pagi hari. Moment ini sangat tepat untuk diabdikan dengan mengambil foto di spot yang paling tepat.

Kawah Gunung Bromo

Setelah menikmati keindahan sunrise di Penanjakan 1, kemudian pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju kawah Gunung Bromo. Tetapi sebelum sampai ke kawah Bromo, semua kendaraan harus berhenti di tempat parkir sekitar 2 km jaraknya dari kawah. Sehingga untuk menujuke kawah hanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melakukan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik kuda. Selanjutnya pengunjung bisa sampai ke atas gunung untuk melihat kawah Bromo dengan menaiki tangga.

Bukit Kingkong

Bukit Kingkong yang berada di kawasan Gunung Bromo ini juga menjadi spot banyak pengunjung untuk melihat keindahan sunrise di pagi hari. DEngan Penanjakan 1 jaraknya cuman sekitar 2,5 km. Lokasi ini juga sangat ramai dengan pengunjung sehingga harus rela berdesakan dengan pengunjung lainnya untuk melihat moment matahari terbit.

Bukit Cinta

Di Bukit cinta saat pagi hari para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang mengitarinya dengan pemandangan diatasnya yang masih tertutup awan kabut. Jadi untuk menuju lokasi ini juga tidak jauh dari Bukit Kingkong setelah menikmati matahari terbit.

Desa Ngedas

Gunung Bromo yang di kenal dengan keberadaan suku Tengger, hingga hari ini pengunjung masih bisa menemuinya di Desa Ngedas. Di desa ini merupakan pemukiman suku Tengger asli dengan budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini. Lokasi desa ini masuk di wilayah Kecamatan Puncokusumo. Tradisi suku Tengger yang masih kuat dipertahankan sampai saat ini adalah kuda kencak, atraksi kuda lumping, dan bentengan.

Obyek Wisata Pantai Gondo Mayit

sumber : https://tribunjatimtravel.tribunnews.com/

Pantai Gondo Mayit yang berada di wilayah Kabupaten Blitar ini merupakan obyek wisata yang tergolong baru. Nama pantai ini sendiri sudah seram yaitu Gondo Mayit dengan arti gondo adalah bau dan mayit adalah mayat. Faktanya di pantainya tidak seperti namanya yang tidak ada bau mayatnya. Pesona yang ditawarkan di obyek wisata pantai ini diantaanya :

Kegiatan Trekking

Trekking yang dilakukan saat menuju pantai obyek wisata terkenal di Jawa Timur ini dilakukan dari Pantai Tambak Rejo. Lokasi Pantai Gondo Mayit berada satu kawasan dengan Pantai Tambak Rejo sehingga untuk menuju ke sana cukup dengan melakukan trekking. Menariknya saat pengunjung melakukan perjalanan di atas bukit akan menemui sebuah makam, dan makam ini adalah makam penjaga pantai. Di atas bukit ini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat menawan.

Bermain Pasir Di Pantai

Pantai dengan keindahan alamnya berupa pasir yang bersih dan air lautnya yang jernih. Sehingga obyek wisata ini sangat direkomendasikan sebagai distinasi untuk mengisi liburan. Namun saat bermain di pantai ini pengunjung harus hati-hati karena ombak laut selatan yang cukup besar.

Kulineran Tepi Pantai

Setelah bermain pasir para pengunjung bisa mengisi waktu istirahatnya dengan menikmati kuliner tepi pantai. Di sepanjang pantai para pengunjung di manjakan dengan warung yang menjual berbagai macam makanan seperti aneka ikan, jajanan, dan minuman segar. Jadi tidak perlu takut kelaparan setelah bermain pasir pantai.

Aneka Oleh-Oleh Ikan Laut

Jangan lupa sebelum melakukan perjalanan pulang untuk membeli oleh-oleh buat keluarga di rumah. Oleh-oleh yang bisa di bawa seperti ikan tuna asap dan berbagai jenis ikan laut lainnya.

Obyek Wisata Taman Nasional Meru Betiri

sumber : https://katakerja.id/

Kabupaten di ujung Timur Provinsi Jawa Timur ini memiliki obyek wisata alam yang sangat luar biasa. Terletak di Pantai Selatan Jawa Timur dengan kekayaan flora dan fauna yang masih terjaga. Obyek wisata ini adalah Taman Nasional Meru Betiri. Di taman nasional yang berada di kabupaten Banyuwangi ini juga terdapat bunga langka raflesia. Dan di obyek wisata terkenal di Jawa Timur ini pengunjung juga bisa menemukan satwa liar yang jarang ditemukan di tempat lain seperti kumbang hitam, kera ekor panjang, dan masih banyak lagi jenis satwa yang cukup eksotis.

Taman Nasional Meru Betiri ini juga menjadi pusat penelitian tanaman obat. Selama ini sudah ada 239 jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Melihat kekayaan flora dan faunanya kawasan ini sejak di masa penjajahan Belanda sudah dilestarikan terhitung pada tahun 1929.

Selain tanaman obat di taman nasional ini juga ada kebun karet di balik hutan. Kebun karet dan pemukimannya ini merupakan peninggalan dari Belanda. Dahulu para pekerja di perkebunan karet ini berasal dari Madura dan daerah lainnya di Jawa Timur. Bahkan Belanda juga sudah membangun pabrik pengolahan karet di sana.

Obyek Wisata Pulau Bawean

sumber : https://tempatwisataindonesia.id/

Pulau Bawean merupakan bagian wilayah Kabupaten Gresik. Pulau Bawean memiliki keindahan alamnya yang tidak kalah dengan keindahan alam pulau yang sudah tersohor seperti Kepulauan Seribu hingga Karimun Jawa. Keindahan Pulau Bawean ini yang bisa dilihat oleh pengunjung adalah rusa Bawean yang masuk kategori hewan langka di Indonesia. Rusa Bawean ini keberadaannya hanya ada di Pulau Bawean.

Hal menarik lainnya di Pulau Bawean yang bisa dinikmati pengunjung adalah Danau Kastoba. Danau ini berlokasi di bagian paling tengah Pulau Bawean. Untuk mencapai Danau Kastoba para pengunjung bisa melakukan tracking sejauh 500 m terlebih dahulu. Selanjutnya pengunjung bisa menikmati keindahan alam obyek wisata terkenal di Jawa Timur lainnya seperti Pantai Gili atau Pulau Gili , yaitu pulau kecil yang berada di Pulau Bawean. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Sehingga menjadi salah satu spot yang sangat instagramable.

Selain Pulau Gili ada lagi yaitu Pulau Noko. Pulau Noko juga menawarkan hamparan pasir putih yang yang luas dan sangat bersih. Ditambah lagi keindahan pemandangan bawah lautnya yang memiliki aneka ragam ikan hias dan bunga karang yang masih lestari. Dan spot terakhir adalah Air Terjun Laccar yang erlokasi di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Di air terjun ini memiliki pemandangan lanskap tebing dan pemandangan alam sangat indah.

Obyek Wisata Bukit Jaddih

sumber : https://www.tempatwisata.pro/

Obyek wisata ini merupakan lahan bekas tambang kapur yang ada di Madura. Kemudian lahan bekas tambang kapur ini disulap menjadi sebuah obyek wisata yang sangat menarik yang tampak seperti alami. Obyek wisata ala Timur Tenga ini bisa dikunjungi di Bukit Jaddih Bangkalan Madura.

Pada obyek wisata terkenal di Jawa Timur ini akan disuguhkan oleh pemandangan menarik dari bongkahan dan guratan dari kapur putih dengan ukuran sangat besar. Pahatan penambang kapur juga memberikan bekas tebing ini secara lami membentuk guratan yang sangat indah dan tampak artistik. Kawasan Bukit Jaddih juga memiliki pemandangan yang alami yang tampak elok yang sangat keren untuk dijadikan spot dalam pengambilan gambar.

Obyek Wisata Tanjung Gaang

sumber : https://travelingyuk.com/

Tanjung Gaang merupakan salah satu obyek wisata terkenal di Jawa Timur yang berada di sekitar 8 km Plau Bawean. Tanjung Gaang juga masuk dalam wilayah kabupaten Gresik. Keindahan yang ditawarkan di Tanjung ini adalah keunikan keindahan alamnya, yaitu pesona alami alamnya yang terdiri dari hamparan batu karang yang cukup luas. Tetapi spot yang sangat menjadi daya tarik para pengunjung adalah Bukit Karangnya.

Masih menjadi rumor saja bahwa bukit Tanjung Gaang ini mengandung batu maremer sehingga menjadikan air laut di sekitar Tanjung Gaang ini sangt jernih sehingga ikan atau biota di dalam laut bisa terlihat dari atas bukit. Momen yang sangat dinanti oleh para pengunjung adalah saat terjadi matahari tenggelam atau sunset. Pada momen ini banyak pengunjung ingin mengabadikannya dengan berfoto yang sangat instagramable.

Obyek Wisata Pulau Sempu

sumber : https://www.rayadventure.com/

Pulau Sempu menyimpan keindahan alam yang sangat eksotik yaitu ada sebuah laguna yang sangat jernih dengan pasir putihnya yang sangat memanjakan mata para pengunjung. Pulau yang berada di wilayah kabupaten Malang ini merupakan wilayah cagar alam. Pulau sebenarnya bukanlah obyek wisata tetapi pulau ini hanya dijadikan sebagai tempat kegiatan penelitian. Pada akhirnya pulau ini juga boleh dijadikan obyek wisata sebagai salah satu mata pencaharian penduduk dipesisir pantai ini.

Pulau ini mulai sangat dikenal sejak 2009 sehingga banyak pengunjung ingin menikmati pemandangan di Pulau Sempu. Karena banyak pengunjung yang tidak bertanggungjawab sehingga mengakibatkan kerusakan alam dan kotornya kawasan ini maka pihak pengelola memberikan aturan yang sangat ketat dengan memberikan denda kepada para pengunjung yang ketahuan membuang sampah sembarang di wilayah wisata ini.

Obyek Wisata Pantai Kedung Tumpang

sumber : https://travel.kompas.com/

Pantai Kedung Tumpang menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Jawa Timur. Tempat wisata yang berada di kabupaten Tulungagung ini sering menjadi destinasi untuk mengisi liburan karena di pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah.

Namun sebelum menikmati keindahan pantai ini, pertama pengunjung harus berjalan untuk menuruni tebing. Jangan lupa memakai sandal gunung atau sepatu supaya telapak kaki nyaman dan meminimalisir tergelincir. Setelah sampai di pantai ini pengunjung harus berhati-hati supaya tidak langsung berenang karena ombak laut selatan cukup besar yang bisa membahayakan keselamatan diri. Jadi pengunjung hanya diperbolehka berenang saat air laut tidak pasang supaya pengunjung tidak terseret ombak.

Dan juga perlu diperhatikan saat berkunjng di pantai ini untuk selalu mentaati peraturan supaya keselamatan bisa terjaga. Di masyarakat sekitar pantai ini masih mempercayai mitos agar pengunjung tidak membawa buah jeruk. Karena menurut mitos yang berkembang disana buah jeruk bisa mendatangkan ombak yang besar. Meskipun pengunung tidak mempercayai hal ini, sebaiknya tetap menghormati kepercayaan masyarakat sekitar pantai. Peraturan penting lainnya yang perlu dipatuhi adalah selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Yang paling menarik di wisata pantai ini adalah saat ombak pasang dapat dinikmati dari atas semacam gardu pandang yang memang sebagai salah satu fasilitas untuk pengunjung. Dan tempat ini juga banyak digunakan oleh pengunjung sebagi spot yang tepat dalam mengambil gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.