Home >> Tips dan Trik >> 8 Tips Belajar Daring Yang Efektif

8 Tips Belajar Daring Yang Efektif

Tips belajar daring yang efektif sangat penting sekali saat ini di masa musim pandemi Covid 19 belum berakhir. Apapun keadaannya aktivitas sehari-hari harus berjalan supaya tidak terjadi krisis lainnya yang bisa berakibat fatal pada sebuah negara. Akhirnya solusi terbaik dalam memutus rantai penularan virus Corona salah satunya dengan membatasi aktifitas tatap muka secara langsung. Aktivitas berkerumun orang banyak yang berpotensi dilakukan adalah aktivitas sekolah. Sehingga sekolah di masa pandemi Covid 19 terkena dampaknya sehingga pembelajaran harus dilakukan secara daring.

Memang banyak kelemahannya belajar dengan cara daring ini karena tidak akan efektif dan banyak kendala-kendala dalam proses pembelajarannya di lapangan. Salah satu kendalanya adalah tidak semua guru dan orang tua sudah melek teknologi. Selain itu materi pembelajaran yang disampaikan tidak membuat anak didik bisa memahami sepenuhnya, berbeda jika pembelajaran dilakukan dengan tatap muka langsung.

Nah, supaya belajar daring bisa efektif, maka diperlukan beberapa sarana dan prasarana yang mendukung agar belajar daring dari rumah bisa menarik dan nyaman serta materi yang disampaikan bisa dipahami dengan sangat mudah. Di bawah ini kami akan memberikan 8 tips belajar daring yang efektif yang bisa dicoba di rumah supaya proses belajar lancar dan materi yang diberikan bisa dipahami dengan mudah.

Siapkan Jadwal Belajar

sumber : https://pahamify.com/

Jadwal belajar sangat penting yang pertama kali harus disiapkan, karena di dalam jadwal belajar daring ini peserta didik bisa mengetahui waktunya belajar kemudian mereka bisa menyiapkan segala kebutuhan belajarnya dengan baik. Waktu belajar daring yang singkat ini sebaiknya digunakan dengan sebaik-baiknya dengan cara hadir tepat waktu dan mengikuti pelajaran dengan seksama agar kita tidak tertinggal materi yang akan disampaikannya.

Jadwal belajar daring yang telah disiapkan dengan baik bisa ditempel pada dinding yang mudah dan sering kita lalui di dalam rumah agar bisa mengingatkan kita jika terlupa. Jika perlu pakai alarm pengingat agar ketika terlupa bisa teringat kembali jadwal belajar daring yang penting ini.

Siapkan Ruangan Khusus Untuk Belajar Daring

sumber : https://www.rumah.com/

Ruangan khusus sangat penting juga dalam pembelajaran daring di rumah. Di rumah yang di huni oleh beberapa orang dengan aktivitas berbeda-beda sangat berpotensi ada suara suara yang tidak diinginkan yang mengganggu proses belajar daring di rumah. Sehingga perlu disiapkan ruangan khusus yang terbebas dari gangguan suara dan gangguan saudara lainnya dirumah.

Jika tidak ada ruangan khusus, bisa menggunakan kamar tidur kemudian atur posisi yang tepat dan nyaman ketika belajar daring. Mengatur posisi yang nyaman bisa dengan memberikan layar belakang yang menarik supaya tampilan saat belajar daring wajah tampak segar dan bersemangat. Ruang belajar daring ini juga bisa disiapkan peralatan yang mendukung seperti buku buku pelajaran, atk, dan lain-lainnya.

Siapkan Koneksi Internet Yang Stabil

sumber : https://www.tribunnews.com/

Koneksi internet yang stabil merukan nafas dari pembelajaran daring. Jadi peserta didik harus menyiapkan koneksi internet yang digunakan dirumah dipastikan stabil. Jika menggunakan wifi tidak perlu kuatir kehabisan kuota, tetapi jika menggunakan data internet maka yang pertama kali dipastikan adalah jaringan 4G nya kuat dan dipastikan juga kuotanya masih banyak.

Meskipun di rumah sudah menggunakan wifi, kita tetap menyiapkan data internet sebagai koneksi alternatif jika wifinya terjadi masalah seperti putus koneksi, lampu mati, dan lain-lainnya. Supaya lebih hemat dan efektif sebaiknya pasang wifi aja dengan kuota dan kecepatan yang cukup yang tidak terlalu mahal tagihannya dalam tiap bulan di bandingkan dengan menggunakan data seluler yang cukup menguras kantong kita.

Siapkan Perangkat Yang Digunakan Untuk Belajar Daring

sumber : https://www.silontong.com/

Menyiapkan beberapa perangkat sangat penting agar efektifitas belajar daring tidak terganggu. Perangkat pertama sebaiknya yang digunakan adalah laptop atau PC. Karena kedua perangkat ini akan memudahkan kita dalam membeca materi yang telah diajarkan. Selain itu aplikasi yang digunakan dalam belajar daring biasanya fiturnya lebih lengkap yang versi web dari pada versi mobile.

Jika tidak memiliki laptop atau PC cukup smartphone saja bisa menjadi perangkat yang digunakan belajar daring. Namun pada smartphone beberapa fitur aplikasi belajar daring tidak ada sehingga penampilan apa adanya saja. Tips ynag tepat adalah jika belajar daring dilakukan dirumah sebaiknya menggunakan laptop atau PC. Sedangkan jika ada keperluan penting diluar rumah maka smarphone adalah perangkat yang tepat untuk belajar daring.

Siapkan Cemilan dan Minuman Saat Belajar Daring

sumber : http://www.teen.co.id/

Belajar daring merupakan cara belajar yang membosankan, sehingga perlu hal-hal yang tepat yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kejenuha n dan mengusir rasa kantuk. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan cemilan ringan dan minuman seperti air putih hingga kopi jika ada.

Namun, ketika makan dan minum saat belajar daring berlangsung harus tetap melakukan adab-adab belajar dengan baik seperti mematikan kamera saat makan dan minum, Setelah selesai makan dan minum kemudian menyalakan kembali kameranya.

Lakukan Rehat Sejenak

sumber : https://batasantariksa.com/

Terlalu lama di depan komputer atau layar hp bisa membuat mata menjadi iritasi dan mata menjadi terasa sangat lelah. Oleh karena itu untuk menormalkan kembali sebaiknya lakukan rehat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas belajar daring. Istiharat yang dibutuhkan adalah sekitar 10 menit sudah cukup. Waktu rehat tadi bisa digunakan untuk mencuci muka atau wudhu supaya otot-otot wajah bisa kembali rileks dan wajah bisa tampak segar kembali.

Gunakan Kacamata Dan Headset

sumber : https://www.kompas.com/

Untuk menahan radiasi sinar atau cahaya dari laptop atau hp, maka pembelajaran daring sebaiknya menggunakan kacamata. Jika punya pakai kaca mata yang memiliki fungsi menahan radiasi akibat cahaya layar komputer atau hp. Kacamata ini juga memiliki manfaat di mata cukup adem sehingga aktivitas belajar daring bisa dilalui dengan baik tanpa kendala kelelahan mata.

Berikutnya juga sebagiknya gunakan headset supaya materi yang telah disampaikan bisa terdengar dengan baik sehingga paham dengan pelajaran yang disampaikan. Headset juga mengurangi suara yang menggangu dari luar saat belajar daring dilaksanakan sehingga perhatiannya bisa fokus ke materi yang disampaikan oleh guru.

Catat Materi Penting Dalam Belajar Daring

sumber : https://www.gramedia.com/

Untuk memudahkan mereview kembali materi yang telah disampaikan oleh guru, maka dalam pembelajaran siapkan catatan kecil dan catat poin-poin penting agar jika kita lupa bisa membukanya kembali materi belajar daring yang telah disampaikan. Hal ini memang tidak semua peserta didik bisa melakukannya tetapi harus dibiasakan. Jika malas menulis kita bisa merekam materi yang telah disampaikan dan ini sangat mudah dilakukan.

Nah, 8 tips belajar daring yang efektif di atas bisa menjadi panduan kita saat melakukan pembelajaran online di rumah. Jika ada beberapa tips yang tidak cocok dengan kondisi dirumah bisa dilewati. Pilih tips yang cocok dengan kondisi kita. Semoga tips di atas bisa menjadi solusi proses belajar di masa pandemi Covid !9 yang masih berlangsung saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.