Home >> Tips dan Trik >> 8 Cara Menghemat Listrik

8 Cara Menghemat Listrik

Harus bayar biaya listrik yang mahal tiap bulannya membuat kebutuhan penting lainnya ditunda atau dikurangi porsinya. Selama 4 tahun rezim saat ini memang listrik sangat mahal sekali karena subsidi dicabut dan tarif dasar listrik naik tajam. Padahal semakin hari kebutuhan listrik semakin meningkat dengan masivnya berbagai alat elektronik yang membatu sebagian besar pekerjaan manusia. Sebagai pelanggan PLN tarif listrik yang tinggi sangat memberatkan sekali, tapi apalah daya sebagai rakyat biasa yang dapat dilakukan adalah memakai dan membayar sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan supaya biaya tidak terlalu besar caranya cuman satu yaitu penghematan.

Berikut 8 cara menghemat listrik :

1.Menyalakan alat elektronik seperlunya saja

tidur didepan tv

Kebiasaan buruk bisa membawa dampak tidak baik juga, seperti halnya menonton TV sampai tertidur didepan TV hingga pagi hari. Kemudian menyalakan lampu pada ruangan yang tidak digunakan, dan masih banyak lagi hal yang tidak baik lainnya yang mengakibatkan biaya listrik menjadi besar. Jadi kebiasaan buruk tersebut harus dirubah dengan kebiasaan disiplin.

2.Mencabut kabel peralatan listrik dari sumber listrik jika tidak digunakan

mencabut kabel listrik

Sebenarnya ini juga merupakan kebiasan buruk seperti halnya tidak mencabut kabel carger jika sudah tidak digunakan, kemudian tidak mencabut alat elektronik lainnya jika sudah tidak digunakan. Dengan tidak mencabut kabel dari sumber listrik maka listrik akan tetap terkonsumsi meskipun sedikit, namun jika hal tersebut dilakukan terus menerus akan terakumulasi banyak. Cara terbaiknya adalah membiasakan mencabut kabel dari sumber listrik jika sudah tidak digunakan.

3.Matikan lampu menjelang tidur

matikan lampu

Menyalakan lampu dimalam hari ketika hari mulai gelap untuk penerangan didalam rumah. Kemudian juga mematikan semua lampu pada jam tertentu ketika menjelang tidur kecuali lampu didepan dan belakang rumah untuk penerangan diluar. Kebiasaan ini akan bisa menghemat listrik dengan baik , kalau bisa lampu di ganti dengan yang hemat listrik seperti lampu LED.

4.Pakai kipas angin aja untuk pendingin ruangan.

gunakan kipas angin

Selain harganya murah, kipas angin juga lebih hemat listrik dari pada menggunakan AC. Kipas angin dinyalakan ketika cuaca sedang panas saja, agar udara segar dan sejuk didapatkan itupun bisa menata ruangan dengan memperbanyak fentilasi agar udara segar bisa cepat berganti didalam rumah.

5.Setrika baju yang penting saja

setrika baju

Baju yang penting adalah, mulai dari baju untuk beribadah, kemudian baju seragam bekerja atau seragam sekolah, ada agi baju yang mudah kumal. Baju baju tersebut harus disetrika supaya rapi jika di pakai. Untuk baju yang tidak terlalu penting adalah kaos oblong untuk santai dirumah, dan baju baju yang tidak gampang kumal untuk dipakai dirumah semuanya tidak perlu disetrika agar listrik bisa hemat dan biaya bisa ditekan.

6.Mencuci dengan mesin cuci jika baju kotor banyak

mencuci baju

Jika baju yang kotor sedikit tidak perlu mencuci dengan mesin cuci, cukup dilakukan manual saja. Mesin cuci digunakan jika baju yang kotor sangat banyak. Selain itu dimusim kemarau pengering baju tidak perlu digunakan, cukup sinar matahari sebagai pengering alami.

7.Gunakan kulkas dengan bijak

kulkas

tidak terlalu overlod isisnya gar tidak memberatkan listrik yang digunakan, dan sebaliknya jangan terlalu sedikit isinya karena listrik yang terpakai sama jika kulkas terisi dengan cukup. Jadi gunakan kulkas dengan bijak maka listrik akan bisa dihemat.

8.Matikan penghangat nasi

penghangat nasi

Mematikan penghangat nasi ketika nasi tinggal sedikit adalah cara yang tepat menghemat listrik, selain itu dengan mematikan penghangat maka nutrisi nasi tidak menjadi hilang karena terlalu seringnya pada kondisi panas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *