Home >> Teknologi >> 7 Trend Teknologi Di Musim Pandemi Covid 19

7 Trend Teknologi Di Musim Pandemi Covid 19

Teknologi di musim pandemi Covid 19 sangat diperlukan sekali karena untuk membatasi laju penularan virus. Pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung 1 tahun lebih ini membuat banyak orang menciptakan metode-metode baru dalam aktivitas sehari-harinya supaya terselamatkan dari bahaya virus corona. Akhirnya terbentuklah tatanan kehidupan normal baru (new normal) dalam masyarakat.

Kebiasaan yang harus dilakukan supaya terhindar dari penularan virus corona diantaranya selalu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak saat berada pada kerumunan. Sehingga aktifitas berinteraksi sesama orang secara langsung harus dihindari kecuali jika sifatnya sangat penting. Supaya berinteraksi terhadap sesama tetap berjalan, maka diperlukan teknologi modern agar bisa selamat dari bahaya virus corona. Salah satu caranya adalah melakukan tatap muka melalui virtual dengan peralatan modern.

Perubahan yang sangat cepat ini mengakibatkan trend aktivitas masyarakat di masa pandemi Covid 19 yang hampir sebagian pekerjaannya dilakukan di rumah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi modern. Apa saja trend aktivitas masyarakat di masa pandemi Covid 19 ? Selengkapnya akan kami kupas di bawah ini

7 Trend Teknologi Di Musim Pandemi Covid 19

Konsultasi Dokter Online

7 Trend Teknologi di Musim Pandemi Covid 19

sumber : https://lifepack.id/

Tenaga kesehatan yang bekerja dengan maksimal selama wabah ini melanda sudah banyak yang gugur akibat terpapar virus corona. Hingga hari ini penyebaran virus ini justru tidak mengalami penurunan, malah semakin meningkat sehingga sarana kesehatan seperti rumah sakit sampai kolaps. Belajar dari kondisi, maka di dunia kesehatan juga memanfaatkan teknologi dalam pekerjaannya supaya rantai penyebaran virus corona ini tidak semakin menjadi-jadi.

Salah satu aktivitas di dunia kesehatan yang dilakukan pada musim pandemi Covid 19 adalah konsultasi dokter secara online. Tidak hanya konsultasi saja layanan yang diberikan, tetapi pemberian resep obat juga dilakukan secara online setelah selesai konsultasi. Pemerintah memanfaatkan teknologi modern dengan membuat platform layanan Telemedicine berupa konsultasi, pemberian resep obat dan pembelian obat dilakukan secara online.

Belajar Dari Rumah Via Online

sumber : https://gorontalo.antaranews.com/

Sekolah yang memiliki potensi kerumunan yang sangat besar maka pemerintah membuat kebijakan belajar mengajar harus dilakukan secara online. Dalam proses belajar mengajar memanfaatkan tenologi modern berupa aplikasi media daring yang sangat mudah di install di smartphone. Dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid 19, pemanfaatan teknologi modern ini disesuaikan dengan kondisi sekolah dan anak didiknya. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan misalnya zoom meeting, google meet, google classroom, WA, dll.

Penggunaan teknologi modern ini membuat banyak kalangan harus melek teknologi supaya dalam proses belajar mengajar tidak banyak mengalami kendala. Pembelajaran jarak jauh ini tentu di dukung dengan jaringan internet yang stabil supaya materi pembelajaran bisa di pahami oleh peserta didik. Pemanfaatan teknologi modern ini sangat membantu supaya virus corona tidak menyebar lebih luas.

Bekerja Dari Rumah

sumber : https://www.kompas.com/

Bekerja dari rumah juga menjadi salah satu trend di masa pandemi Covid 19. Namun, masih banyak pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dari rumah seperti pekerjaan konstruksi bangunan dan lain-lainnya. Jika tidak bisa dilakukan dari rumah tentunya ketika melakukan pekerjaan di luar rumah harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat supaya tidak terpapar virus corona. Work From Home (WFH) ini dilakukan secara online dari rumah dengan memanfaatkan teknologi modern seperti smartphone, laptop, PC, dan lain-lain dengan menggunakan koneksi internet.

Beberapa aplikasi modern yang biasa dimanfaatkan dalam bekerja di rumah diantaranya adalah WhatsApp, Skype, Zoom, Google Meet, Google Hangouts., dan lai-lainnya. Seperti WhatsApp adanya fitur video call yang bisa diikuti hingga delapan orang sekaligus ini muncul saat kondisi pandemi Covid 19. Ada lagi aplikasi Line yang bisa menampung peserta sekaligus dengan jumlah 200 orang dalam satu panggilan video. Aplikasi Google Duo juga ada fitur konferensi video yang bisa diikuti 32 peserta.

Penggunaan Robot Dan AI (kecerdasan buatan)

sumber : https://www.kompas.com/

Teknologi mutakhir yang banyak trending di negara maju pada musim pandemi Covid 19 adalah penggunaan robot dan AI (kecerdasan buatan). Seperti di negara Singapura penggunaan robot di taman Bishan-Ang Mo Kio difungsikan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat untuk melakukan jaga jarak. Ada juga yang menciptakan robot untuk yang dapat memancarkan sinar untuk membunuh virus dan bakteri.

Di dunia medis, IBM meluncurkan teknologi robot yang mampu melakukan analisi senyawa obat yang efektif yang bisa menghentikan infeksi virus SARS-CoV-2. Tidak hanya di negara maju saja, di negara berkembang juga memanfaatkan robot yang digunakan di dunia medis guna penanganan virus corona.

Menikah Online

Hal yang sakral yang berkaitan dengan spiritual atau agama saja saat ini juga menjadi trend di masa pandemi Covid 19. Hal tersebut adalah menikah online. Peraturan pembatasan berkerumun ini membuat masyarakat yang ingin mengadakan hajatan pernikahan harus merubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru dengan secara online.

Di beberapa negara sudah banyak yang melkuakan pernikahan secara online salah satu contohnya di negara China. Trend menikah online masih terjadi di negara yang penduduknya mayoritas non muslim. Namun di Indonesia belum menjadi tren karena di Indonesia masyarakatnya beragama Islam.

Teknologi Pelacakan

Di China sudah menggunakan teknologi modern untuk melacak orang sehat dan orang yang berisiko Covid-19 dengan memberikan warna pada kod QR pada ponsel mereka sehingga penyebaran virus corona bisa lebih mudah dihindari. Bahkan di Amerika Serikat juga mengembangakan teknologi pelacakan, yaitu Apple dan Google bekerja sama menciptakan teknologi kesehatan dengan menggunakan teknologi Bluetooth agar mengetahui kondisi kesehatan setiap orang.

Serangan Siber Meningkat

Selain trend positif di masa pandemi, ternyata juga ada trend negatif yang memanfaatkan teknologi modern. Pekerjaan yang banyak dilakukan menggunakan koneksi internet ini ternyata juga terjadi peningkatan serangan siber. Aktivitas peretasan ini dilakukan dengan berbagai macam modus seperti pencurian data dan penipuan. Tetapi apapun modusnya ujung-ujungnya adalah untuk keuntungan pribadi atau kelompok.

Peningkatan peretasan di masa pandemi mengalami 6 kali peningkatan dan ini hasil dari data yang telah di himpun oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dampak negatif ini merupakan hal yang wajar, karena sebagus apapun sistem atau teknologi pasti memiliki kelemahannya. Namun, jika kita bijak dalam menggunakan teknologi modern dengan baik maka akan terhindar dari serangan siber ini.

Nah, setelah membaca kupasan di atas tentang aktivitas yang sedang trend di masyarakat pada musim pandemi Covid 19. Maka kita bisa menyimpulkan dan mengambil tindakan yang tepat dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita supaya kita terhindar dari paparan virus corona. Salah satunya tindakan yang tepat dalam beraktivitas adalah dengan memanfaatkan teknologi modern di dalam rumah kita sendiri untuk melakukan pekerjaan dan belajar.

Kemudian mengurangi aktivitas offline atau interaksi dengan sesama. Interaksi secara offline kita lakukan jika kondisinya memang sangat penting sekali, selanjutnya memanfaatkan teknologi secara bijak supaya data diri kita tidak bocor ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab dan tidak terjebak pada penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.