Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> 7 Cara Menghemat Listrik Paling Jitu

7 Cara Menghemat Listrik Paling Jitu

Biaya listrik setiap bulan menjadi salah satu pengeluaran cukup besar dalam rumah tangga. Apalagi tarif listrik selalu mengalami kenaikan, belum lagi di tahun 2020 yang rencana dari Pemerintah akan menaikkan tarif listrik lagi. Jadi, pelanggan PLN harus cerdas dalam menggunakan listrik dirumah supaya biaya yang dikeluarkan dalam setiap bulannya tetap hemat. Ada banyak cara untuk menghemat listrik, selain membiasakan penghuni rumah tidak booros dengan penggunaan listrik.

Berikut 7 cara menghemat listrik paling jitu :

1.Menggunakan Listrik Seperlunya Saja

sumber : https://bacaterus.com

Karena banyak penghuni dalam satu rumah, maka hal ini sering terjadi, yaitu menggunakan listrik terlalu boros pada hal yang tidak terlalu penting seperti, menyalakan televisi namun tidak menontonnya, tetapi ditinggal mengerjakan aktifitas lainnya. Jika hal ini sering dilakukan maka biaya listrik bisa menjadi naik. Solusi dalam hal ini adalah menggunakan listrik seperlunya saja.

2.Cabut Kabel dari Sumber Listrik

sumber : https://bacaterus.com

Tidak mencabut kabel dari sumber listrik sering kali juga diabaikan jika sudah menggunakan alat listrik. Karena jika alat listrik dalam kondisi stanby, maka sebenarnya alat tersebut masih mengkonsumsi listrik meskipun sedikit. Namun jika hal ini sering dilakukan dan alat yang digunakan banyak, maka dalam satu bulan juga bisa menambah biaya listrik.

3.Matikan Lampu Menjelang Tidur

sumber : https://bacaterus.com

Di siang hari cukup mengandalkan pencahayaan dari sinar matahari saja. Jadi lampu di nyalakan hanya diwaktu malam hari saja. Lampu dimalam haripun juga ada waktu tertentu untuk menyalakannya, mulai pukul 17.30 – 21.00. Karena jam 21.00 adalah waktu menjelang tidur, maka lampu yang perlu saja dinyalakan, misalnya lampu depan dan belakng untuk penerangan jalan.

4.Gunakan Pendingin Ruangan yang Hemat

Sebaiknya menggunakan kipas angin saja untuk pendingin ruangan daripada AC, karena AC sangat boros listrik. Selain itu atur ventilasi rumah agar udara sejuk bisa didapatkan didalam rumah, caranya dengan memperbanyak jendela dan ventilasi, kemudian menanam pohon-pohon kecil disekitar rumah.

5.Gunakan Setrika Otomatis

sumber : https://bacaterus.com

Setrika otomatis lebih menghemat listrik dari pada setrika yang tidak ada sistem otomatisnya. Karena setrika listrik akan mati secara otomatis sesuai dengan panas yang telah diatur, dan akan nyala kembali secara otomatis jika panas yang diinginkan belum terpenuhi. Selain itu untuk lebih menghemat listrik adlah dengan menyetrika baju yang penting saja untuk dipakai, seperti seragam sekolah atau kerja, dan baju penting lainnya.

6.Gunakan Mesin Cuci terbaru dan Sesuai Kapasitas

sumber : https://bacaterus.com

Mesin cuci terbaru biasanya lebih hemat karena ada sistem hematnya, kemudian gunakan mesin cuci yang sesuai kapasitas kebutuhan. Semakin besar kapasitas mesin cuci maka semakin besar juga listrik yang digunakan. Jadi gunakan dengan bijak sesuai kebutuhan supaya listrik bisa dihemat.

7.Ganti Lampu LED

sumber : https://bacaterus.com

Lampu yang memiliki daya terang tinggi namun sangat menghemat listrik. Jadi sebaiknya ganti semua lampu dirumah dengan lampu LED supaya listrik bisa di hemat sehingga biaya listrik dalam tiap bulan tidak membengkak.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *