Home >> Wisata >> 10 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Populer Di Dunia

10 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Populer Di Dunia

Tempat wisata di Indonesia yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara menjadi salah satu sumber devisa bagi negara. Indonesia yang berkepulauan ini memiliki kekayaan alam yang melimpah. Sehingga di masa lampau sebelum berdirinya negara Indonesia, kepulauan ini menjadi daya tarik orang-orang Eropa untuk mengambil sumber daya alamnya dengan cara menjajah penduduknya.

Bersyukur kemerdekaan dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga kepulauan yang sangat luas ini menjadi negara Indonesia yang hingga kini banyak turis mancanegara berwisata untuk melihat keindahan tempat-tempat yang tersebar di banyak kepualaun di Indonesia. Beberapa tempat wisata di Indonesia ada yang cukup populer di dunia sehingga pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus mengembangkan tempat wisata ini menjadi tempat liburan yang bisa menghasilkan pendapatan berupa devisa dan juga membuka lapangan pekerjaan di masyarakat sekitar tempat wisata.

Berikut ini 10 tempat wisata di Indonesia yang populer di dunia yang bisa menjadi rekomendasi tujuan berwisata kita saat liburan.

Kawah Gunung Ijen

tempat wisata di Indonesia

sumber : https://www.manusialembah.com/

Tempat wisata di Indonesia yang populer di dunia pertama adalah kawah Gunung Ijen. Keindahan pemandangan di sekitar Gunung Ijen di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini sudah tidak diragukan lagi. Sehingga dalam setiap hari tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Gungung Ijen yang merupakan cagar biosfir yang telah ditetapkan oleh Unesco sejak Maret 2016 lalu memiliki tempat wisata andalannya yaitu kawah Gunung Ijen. Kawah Guning Ijen sendiri merupakan bagian kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang memiliki luas sekitar 2.5060 hektare. Salah satu tempat wisata di Indonesia ini merupakan gunung berapi yang aktif dengan memiliki ketinggian 2.443 mdpl di atas permukaan laut.

Tempat wisata di Indonesia ini adalah sebuah kawah Gunung Ijen yang berupa danau di atas Gunung Ijen. Terjadinya kawah seperti danau ini disebabkan oleh letusan gunung berapi di masa lalu. Keunikan kawah Ijen ini berada di tengah kaldera terluas di Pulau Jawa dengan panjang diameter 6 km. Kawah Ijen sendiri memiliki ukuran sekitar 960 meter x 600 meter dengan memiliki kedalaman 200 meter.

Pesona keindahan kawah Ijen ini salah satunya memiliki warna air di kawahnya berwarna hijau kebiruan diikuti dengan kabut asap belerang yang keluar dari kawahnya. Keindahan juga tampak dihasilkan dari tanaman bunga edelweis dan pohon cemara gunung. Pemandangan menarik lainnya adalah tiap harinya banyak ditemui penambang belerang tradisional, dan masih banyak lagi keindahan keindahan lainnya di kawah Ijen Jawa Timur.

Danau Toba

sumber : https://koran-jakarta.com/

Sejak usia Sekolah Dasar pasti sudah dikenalkan oleh guru kita di sekolah masing-masing salah satu tempat wisata di Indonesia yaitu Danau Toba. Tempat wisata di Indonesia ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga tempat wisata ini tidak hanya kondang di dalam negeri saja tetapi juga sangat kondang di mancanegara.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, yaitu danau yang terbentuk dari akibat letusan gunung berapi sekitar ribuan tahun yang lalu. Kejadian alam itu kini menjadi sebuah danau yang sangat besar dan memiliki keindahan alam disekitarnya. Uniknya lagi di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yatitu Pulau Samosir. Luas Pulau Samosir ini setara dengan luas negara Singapura.

Keunikan dari Danau Toba salah satunya terdapat ikan Batak yang jenis ini hanya ada di Danau Toba saja. Ikan Batak merupakan hewan endemik Sumatra Utara yang hanya hidup di dalam Danau Toba. Ikan Batak merupakan jenis ikan omnivora yang hidup didaerah perairan yang memiliki aliran deras. Namun, saat ini populasinya terancam punah.

Keindahan lainnya Danau Toba dikelilingi oleh 12 air terjun sehingga keindahan danau ini tiada habisnya. Sehingga layaklah Danau Toba menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang sangat populer di dunia. Ke 12 air terjun ini menjadi bagian dari tempat wisata di Danau Toba yang bisa dikunjungi tidak cukup dalam satu hari saja.

Taman Laut Bunaken

sumber : https://www.celebes.co/

Setelah membicarakan tempat wisata di Indonesia yang berada di pegunungan, sekarang kita bicarakan salah satu tempat wisata di Indonesia dengan panorama bahari yaitu tempat wisata Taman Laut Bunaken yang berada di Sulawesi Utara. Taman Laut Bunaken merupakan perwakilan ekositem perairan tropis Indonesia karena didalamnya terdiri dari ekosistem padang lamun, hutan bakau, hingga terumbu karang. Tidak kaya dengan keindahan baharinya saja, Bunaken juga kaya dengan flora dan faunanya.

Maka pantaslah Taman Laut Bunaken menjadi Taman Nasional yang tidak hanya terkenal keindahannya di dalam negeri saja tetapi juga terkenal di luar negeri. Ini terbukti dengan banyaknya turis mancanegara yang setiap hari datang ke Taman Laut Bunaken. Para turis selain menikmati pemandangan bawah laut juga melakukan diving, snorkeling, berjemur dan berenang

Taman Laut Bunaken menjadi tujuan turis mancanegara terutama yang hobi menyelam dikarenakan di tempat wisata di Indonesia ini memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya di dunia. Di Bunaken ada spot penyelaman yang sangat indah yang pesonannya tidak bisa ditandingi oleh tempat wisata serupa di dunia ini sehingga Bunaken juga disebut surga dunia.

Kepulauan Raja Ampat

sumber : https://travel.detik.com/

Tidak mau kalah dengan Taman Laut Bunaken, di Indonesia bagian timur juga memiliki tempat wisata yang sangat indah yaitu di Kepulauan Raja Ampat Papua Barat. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten dari Propinsi Papua Barat yang bisa ditempuh dengan perjalanan udara hingga di kota Sorong. Dari Sorong kemudian melakukan perjalanan menggunakan kapal cepat selama 2 hingga 3 jam untuk sampai di Raja Ampat.

Raja Ampat merupakan wilayah dengan perairannya yang terbaik dari 10 perairan ternbaik di dunia. Karena perairan di Raja Ampat ini kaya akan keindahan flora dan faunanya serta kelestarian baharinya. Keindahan perairan Raja Ampat ini salah satunya memiliki sekitar 75% spesies laut yang ada di seluruh dunia, kemudian terdapat 540 jenis karang, terdapat 1.511 jenis ikan dan masih banyak ribuan jenis biota laut.

Keindahan tidak hanya terdapat di bawah laut, tetapi di atas laut juga memiliki pemandangan yang sangat indah seperti pantai berpasir putih dengan kehalusan mendekati tepung. Keindahan lainnya adalah terdiri dari pulau-pulau yang membentuk deretan tebing tinggi seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag yang terkenal ke seluruh dunia.

Nusa Penida

sumber : https://girleatworld.net/

Siapa yang tidak tahu Pulau Bali atau Pulau Dewata yang berada di Indonesia. Mungkin orang yang gemar travelling pasti tahu Pulau Bali dengan keindahan yang ada di dalamnya. Nah salah satu tempat wisata di Indonesia yang terdapat di Pulau Bali adalah Nusa Penida. Pulau ini merupakan pulau kecil yang berada di sisi tenggara Pulau Bali.

Nusa Penida bisa diakses setelah dari Pantai Sanur menggunakan speedboat. Setelah sampai di Nusa Penida wisatawan bisa berkeliling dengan menggunakan motor atau mobil sewaan hingga sampai puncaknya menikmati keindahan sunset di pulau ini. Tujuan wisata di pulau ini pertama bisa menikmati di Rumah Pohon Molenteng. Dari sana kita bisa menikmati keindahan alam berupa jajaran pulau yang sangat indah seperti di Raja Ampat.

Setelah dari Rumah Pohon Molenteng kita bisa langsung menuju Angels Billabong dan Broken Beach. Disana akan ditawarkan pemandangan indah ombaknya, jika beruntung biasanya bisa melihat lumba-lumba yang sedang berenang. Nah keindahan-keindahan lainnya masih banyak yang bisa dinikmati di Nusa Penida sehingga ini menjadi salah satu wisata favorit turis mancanegara dan domestik.

Candi Borobudur

sumber : https://news.detik.com/

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budhha terbesar di dunia yang sangat terkenal di dunia yang masuk salah satu keajaiban dunia. Bangunan candi yang berada di Jawa tengah ini selain menjadi salah satu destinasi wisata dunia juga masih berfungsi sebagai tempat keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia.

Keunikan candi ini tidak hanya ukurannya yang besar saja, tetapi ukiran dinding atau relief dan stupa memiliki nilai seni yang tinggi. Keindahan arsitektur Candi Borobudur dibanagun dengan gaya mandala dengan konsep semesta alam yang diambil dari ajaran Budha. Selain bangunan yang megah daya tarik Candi Borobudur adalah pemandangan sunrise yang dilihat dari puncak Borobudur. Untuk mendapatkan momen terbaik, maka banyak turis menuju puncak candi di pagi hari.

Gunung Bromo

sumber : https://www.tribunnewswiki.com/

Wisata ke Gunung Bromo tidak hanya saja untukmenikmati pemandangan Gunung Bromo saja, tetapi kawasan sekitar Gunung Bromo juga menawarkan pemandangan yang sangat indah, salah satunya di Puncak Penanjakan. Di puncak ini meruakan puncak tertinggi di area Pegunungan Tengger. Sehingga selain menikmati sunris dari atas Gunung Bromo, banyak wisatawan menikmati sunrise dari puncak penanjakan.

Kemudian lokasi yang bisa dinikmati adalah Lautan Pasir Gunung Bromo. Di lokasi ini terdapat hamparan pasir yang berada disekitar kaldera beberapa gunung selain Gunung Bromo, diantaranya yaitu Gunung Kursi, Batok, Watangan, dan Widodaren. Lautan pasir ini juga disebut pasir berbisik karena saat tertiup angin kencang maka butiran-butiran pasir ini seakan berbisik.

Panorama selanjutnya di Gunung Bromo ada Bukit Teletubbies, yaitu salah satu padang rumput yang berada di sebalah selatan Kawah Gunung Bromo. Bukit ini memiliki daya tarik besar bagi wisatawan yaitu keindahannya memiliki pemandangan bukit bergelombang dengan diselimuti oleh rumput hijau. Dan masih ada beberapa lagi lokasi yang indah di kawasan Gunung Bromo.

Wakatobi

sumber : https://nusatour.co.id/

Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara memiliki keindahan alam yang menarik dilihat dari segala sisi. Nama Wakatobi diambil dari keempat nama pulau yaitu, Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Kepulauan ini juga dikenal dengan sebutan Caribbean Van Celebes.

Di daratan keindahan alam tampak oleh pemandangan alam dan pesisir pantainya. Sedangkan pemandangan di bawah lautnya, bisa dengan cara diving untuk mengetahui pesona keragaman biota lautnya. Memang, Wakatobi masuk ke dalam jalur segitiga karang dunia karena memiliki lebih dari 750 jenis karang dari 850 jenis karang di dunia. Sehingga pemandangan di Wakqatobi tidak hanya indah di atas daratan tetapi di dalam lautnya juga sangat indah.

Pulau Komodo

sumber : https://travel.kompas.com/

Pulau Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia dan terkenal di dunia karena di pulau ini menjadi habitat asli binatang purba komodo. Pulau Komodo menjadi salah satu keajaiban dunia karena di pulau ini ada hewan purba bernama Komodo. Pulau Komodo juga merupakan tempat wisata terbaik di Asia. Hal ini diukur berdasarkan keindahan alam, budaya,kuliner dan kegiatan wisata yang ditawarkan di Pulau Komodo.

Komodo merupakan salah satu hewan purba yang tidak ada di dunia ini selain di Pulau Komodo. Sehingga di pulau ini menjadi tujuan para peneliti baik itu berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk meneliti kehidupan kadal raksasa ini. Pada akhirnya Pulau Komodo ditetapkan oleh UNESCO pada 1991 sebagai situs warisan dunia. Selain itu sebelumnya Pulau Komodo menjadi salah satu Cagar Manusia dan Biosfer pada 1977.

Namanya saja Pulau Komodo, sehingga dengan mudah sekali ditemukan komodo. Kadal raksasa ini biasanya senang berada di sekitar pantai atau di pinggir jalan. Jika berwisata ke Pulau Komodo kita harus mentaati peraturanyang ditetapkan disana dan mengikiti pemandu di sana supaya bahaya dari serangan komodo bisa dihindari.

Selain keindahan padang sabana dan keunikan hewan komodo, Pulau Komodo juga memiliki pantai yang sangat indah yaitu Pantai Pink. Pantai ini memiliki daya tarik sendiri karena memiliki keunikan pasirnya yang berwarna merah muda atau pink. Warna pink ini sebenarnya berasal dari campuran pasir dengan serpihan halus karang merah yang sudah mati sehingga menghasilkan kombinasi warna pink yang alami. Dan ketika terkena air laut, warnanya berubah kemerah-merahan.

Ada lagi keindahan alam yang terdapat di Pulau Komodo yaitu di Pulau Padar yang memiliki pantai indah dan rumput hutan savana mempesona. Panorama menakjubkan pulaui ini tampak sangat indah ketika dilihat dari atas bukit. Namun sebelum menikmati pemandangan yang indah sebelumnya harus trekking melewati jalur menanjak sekitar 30 menit untuk menuju puncak.

Tana Toraja

sumber : https://www.liputan6.com/

Tana Toraja merupakan bagian dari wilayah kabupaten di Sulawesi Selatan dengan berbagai macam objek wisata yang menarik.
Tana Toraja juga menjadi tujuan wisata mancanegara karena memiliki keindahan alam dan budaya yang unik yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Di Tana Toraja juga ada tempat wisata di daerah perbukitan yaitu bernama Pango-pango Makale. Disana pemandangan alamnya sangat indah, selain itu suasana di perbukutan tersebut sangat sejuk dan bisa menentramkan hati. Sehingga wisata ini sering disebut dengan negeri di atas awan.

Wisata di Tana Toraja yang paling di kenal adalah budaya masyarakat Toraja, yaitu objek wisata sebuah makam yang terletak di sebuah tebing batu. Pada tebing itu terdapat goa-goa yang difungsikan sebagai makam, jadi masyarakat yang mati disana tidak dikebumikan tetapi ditaruh dalam peti dan diletakan didalam goa pada tebing batu yang tinggi.

Selain di daerah Londa, juga ada pemakaman tebing batu di daerah Kete Kesu. Di sana wisatawan dapat melihat rumah adat Tongkonan yang menjadi kebanggaan masyarakat Toraja. Rumah adat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara jenazah sebelum dimakamkan. Kemudian jika ada seseorang yang meninggal maka akan diadakan adat berupa upacara bernama Rambu Solo. Dalam upacara adat ini akan disembelih kerbau sebagai salah satu rangkaian upacaranya.

Tana Toraja juga memiliki alam yang sangat indah. Selain perbukitan juga ada air terjun yang bisa ditemukan di puncak bukit Buntu Burake. Di sisni juga ada pemandangan patung Yesus tertinggi di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.